Puluhan Warga Ganno Demo Bupati Mamuju ‘Butuh Bukti Bukan Janji’

Mamuju, Sosial786 Views

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Puluhan warga Dusun Ganno I, Desa Salletto, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Mamuju, Senin (1/8/22).

Mereka menuntut transparansi dana bantuan gempa Mamuju dengan membentangkan spanduk dan poster bertulis “Butuh Bukti Bukan Janji”.

Dari pantauan wartawan, massa aksi ini datang menggunakan mobil truk dan mobil pick up. Mereka langsung berorasi swcara bergantian di pintu masuk Kantor Bupati Mamuju.

Koordinator aksi, Ramli menegaskan bahwa aksi yang digelar ini untuk meminta kejelas hak mereka atas bantuan rumah rusak akibat gempa bumi yang terjadi pada pertengahan Januari 2021 lalu.

“Pemerintah menjanjikan sejak tahun 2021 akan ada babtuan. Dan sampai hari ini, kami belum mendapatkan bantuan itu, kami hanya mendengar itu bahwa bantuan gempa itu dari pemerintah,” tegas Ramil dalam orasinya.

Menurutnya, di Dusun Ganno terdapat sekira 80 rumah yang sampai hari ini rusak, dan mereka masih menggunakan tenda-tenda darurat.

“Bahkan masyarakat di sana (Ganno) tidur di dapurnya karena tidak mendapat bantuan. Ini miris sekali. Sehingga kami mendesak dan berharap ada jawaban dan kejelasan dari pemerintah Kabupaten Mamuju,” katanya.

“Oleh Pemerintah pusat, kami tahu telah memberikan anggaran, namun sampai hari ini sebagian masyarakat Ganno belum juga mendapat bantuan tersebut,” tambah dia.

Tak lama kemudian, Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi tiba di kantor. Ia pun menemui dan mengajak warga masuk ke Kantor Bupati untuk membicarakan persoalan tersebut.