Masyarakat Majene Dukung Proyek Bendung Malunda, Langkah Maju Menuju Ketahanan Pangan dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

Majene269 Views

SULBARONLINE.COM,Majene – Antusiasme masyarakat Kabupaten Majene, khususnya di Desa Kayuangin, Kecamatan Malunda, terhadap proyek rehabilitasi Bendung Malunda terus bertumbuh.

Proyek strategis ini diharapkan membawa dampak positif yang luas bagi kesejahteraan masyarakat dan ketahanan pangan di wilayah Sulawesi Barat.

Rehabilitasi Bendung Malunda tidak hanya menjadi solusi bagi peningkatan akses air untuk irigasi pertanian tetapi juga sebagai katalisator untuk pemberdayaan ekonomi lokal.

Dengan kapasitas yang ditingkatkan, bendung ini diharapkan mengairi ribuan hektar lahan pertanian, mendukung produksi pertanian dan menguatkan ketahanan pangan lokal.

Salah satu masyarakat setempat Rahim, menyatakan, dukungannya terhadap proyek bendung tersebut karena dinilai akan membantu masyarakat dalam aspek pertanian.

“Dengan rehabilitasi Bendung Malunda, kami berharap dapat lebih meningkatkan hasil pertanian kami dan mengurangi risiko kekeringan yang sering melanda wilayah kami,” kata Rahim, Rabu (27/3/2024).

Keberadaan bendung ini kata dia, diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan dan mendukung program ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Majene.

Selain itu, manfaat langsung terhadap sektor pertanian proyek ini juga membuka peluang kerja bagi warga setempat.

Pembangunan dan pemeliharaan bendung akan memerlukan tenaga kerja dalam berbagai kapasitas, memberikan kesempatan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian lokal.

“Ini sangat membantu masyarakat dalam segi aspek ekonomi, pertanian, dan lapangan kerja bagi warga sekitar,” katanya.

Menurut Rahmat, dukungan pemerintah setempat dan pihak kepolisian juga mempermudah percepatan pembangunan Bendung Malunda tersebut.

Lebih lanjut, rehabilitasi Bendung Malunda diharapkan dapat mengurangi risiko banjir di wilayah sekitar.

Dengan manajemen air yang lebih baik, kekhawatiran masyarakat tentang banjir saat musim hujan diharapkan dapat teratasi.

Pemerintah Kabupaten Majene, bersama Balai Besar Wilayah Sungai Sulawesi III, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), berkomitmen penuh untuk memastikan bahwa proyek berjalan sesuai jadwal dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

” Kerja sama dan dukungan dari semua pihak, termasuk masyarakat dan aparat penegak hukum, sangat diharapkan untuk mengatasi potensi konflik dan memastikan kelancaran pembangunan proyek strategis nasional ini,” ujarnya.

Dengan kerja sama yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan semua pihak terkait, proyek Bendung Malunda tidak hanya membangun infrastruktur tetapi juga membangun harapan dan masa depan yang lebih cerah bagi Kabupaten Majene.

“Pembangunan Bendung Malunda menjadi bukti komitmen bersama untuk memajukan pembangunan berkelanjutan, meningkatkan ketahanan pangan, dan memperkuat ekonomi lokal. Mari kita dukung bersama proyek ini untuk Majene yang lebih maju dan sejahtera,” pungkasnya.