Tunjukkan Kepedulian, KKMS Gelar Baksos Jumat Bersih

Mamuju, Sosial926 Views

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap lingkungan, jajaran pengurus Kerukunan Keluarga Mandar Salletto (KKMS), menggelar bakti sosial (Baksos), Jumat (24/06/22) pagi.

Aksi Jumat bersih ini menyasar sejumlah titik, utamanya di tumpukan sampah yang ada di sungai, drainase dan got di sekitar jembatan Desa Salletto, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju.

Dalam kesempatannya, Ketua KKMS, Syamsuddin S.Pd, mengungkapkan, kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan merupakan agenda dan program kerja KKMS dalam upaya membangun kebersamaan dan membangkitkan semangat ke-gotong royongan di tengah-tengah masyarakat.

“KKMS ini memiliki bebarapa program kerja, salah satunya adalah bakti sosial yang bersifat gotong royong seperti yang dilaksanakan hari ini,” kata Syamsuddin.

Menurut Syamsuddin yang juga Kepala Sekolah SDN Kassa, Kecamatan Simboro ini, bahwa kegiatan baksos jum’at bersih yang dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi organisasi kepada lingkungan dan masyarakat.

“Apalagi sekarang ini musim penghujan. Beberapa kali terjadi banjir yang cukup tinggi di Desa ini. Saya rasa, ini iuga disebabkan karena meluapnya sungai kecil akibat tumpukan sampah yang cukup banyak di sungai. Kemudian, drainase yang juga tersumbat, sehingga ini yang kami sasar lebih dahulu,” jelasnya.

Syamsuddin juga mengungkapkan bahwa kegiatan baksos yang dilaksanakan ini berkolaborasi dengan masyarakat dan pemerintah setempat.

“Jadi semua anggota dan pengurus KKSM wajib turun melakukan kegiatan baksos sesuai jadwal yang telah ditentukan tanpa terkecuali,” katanya.

Dia juga mengungkapkan dalam setiap kegiatan baksos yang dilaksanakan oleh KKMS terlebih dahulu menyampaikan surat pemberitahuan kepada pemerintah desa setempat.

“Kalau pelaksanaan kegiatan seperti baksos di tempat-tempat umum, tentunya kita menyurat ke pemerintah setempat perihal pemberitahuan, bahwa akan ada kegitan baksos yang akan dilaksanakan KKMS di objek yang telah ditentukan,” ujar Syamsuddin.

Sekadar diketahui, selain kegiatan baksos yang dilaksanakan hari ini, sebelumnya KKMS juga melaksanakan beberapa kegiatan kemanusiaan, yakni pemberian bantuan sosial bagi masyarakat kurang mampu di wailayah Desa Salletto.