Semarak Jelang HUT RI ke-77 di Desa Sandana

Mamuju1817 Views

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Jelang peringatan hari ulang tahun kemerdekaan republik indonesia ke 77 tahun 2022, suasana kemeriahan mulai nampak di Desa Sandana, Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju setelah dua tahun dilanda pandemi covid 19 yang membuat aktifitas warga dibatasi.

Desa Sandana sebagai salah satu Desa yang berada di kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, Provinsi Bulawesi Barat yang memiliki beraneka ragam budaya dan kultur masyarakat yang berbeda, namun suasana jelang kemerdekaan RI ke 77 terasa cukup semarak di Desa ini dengan semangat warga dalam memasang bendera dan menggelar berbagai lomba.

Pemerintah Desa Sandana dibantu oleh Panitia HUT RI ke -77 menggelar berbagai macam perlombaan dalam menyemarakan peringatan kemerdekaan di lingkungan Balai Desa tersebut.

Kegiatan itu diikuti oleh seluruh warga masyarakat Desa Sandana, yang dibuka langsung oleh Kepala Desa Sandana, pada Senin (08/08/2022).

Perlombaan ini bertujuan untuk membangun rasa tanggung jawab dan silaturahmi di antara masyarakat desa.

Menurut Ketua Panitia HUT RI ke-77 Very Jhon Sitankun, bahwa suasana 17 agustus sudah cukup semarak di Desa ini ditandai semangat warga memasang bendera merah putih dan umbul-umbul di depan rumah, sekolah, rumah ibadah dan perkantoran serta berbagai perlombaan di tingkat desa.

Sementara lomba tingkat desa yakni sepak bola mini, bola dangdut, takraw, voly ball dan lomba khusus buat anak-anak.

Menyingung pelaksanaan kegiatan perlombaan, Very menyampaikan bahwa Momentum HUT Prokalamsi ke 77 tahun ini, semua pihak terutama masyarakat Sandana ikut bersama-sama menunjukkan sikap patriotisme dan persatuan.

“Bahwa Melalui Lomba ini juga kita memaknai kemerdekaan bukan hanya sebagai kata-kata, namun kemerdekaan dijadikan kesempatan untuk bermimpi hingga menjadi nyata lewat tugas dan pekerjaan dengan tetap mengutamakan semangat persatuan dan kesatuan sebagaimana tema HUT RI Tahun ini ‘Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat’,” jelas Kades Sendana.

Lebih Lanjut Very Jhon mengungkapkan bahwa kegiatan lomba seperti ini tidak berhenti pada tauhun ini saja, akan tetapi boleh menjadi agenda tahunan di desa sandana sehingga rasa kebersamaan dan persatuan dapat dicapai.

“Untuk meyemarakkan kemerdekaan sementara ini beberapa perlombaan sudah selesai dan menemukan para juaranya, sedangakan juga masih ada perlombaan yang masih di gelar dan seementara berlangsung, semoga kegiatan ini bisa rutin untuk memeriahkan HUT RI ini serta bisa berjalan dengan lancar tanpa suatu halangan apapun, tak lupa juga kami ucapkan terimak kasih banyak kepada para Donatur yang sudah berkontribusi demi melancarkan kegiatan ini,” tutur Very Jhon sebagai Ketua Panitia HUT RI ke -77.

Laporan: Aswin