Direktur RSUD Sulbar Hadiri Harkitnas, Ini Pesan Pj Gubernur Sulbar

Advertorial, Mamuju1592 Views

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Direktur RSUD Sulbar dr. Marintani Erna Dochri menghadiri secara langsung Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Senin 20 Mei 2024.

Di momen tersebut adalah hari pertama berkantor di Pemprov Sulbar, PJ Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin memimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional.

PJ Gubernur Sulbar Bahtiar membacakan Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI dalam peringatan Ke-116 Hari Kebangkitan Nasional, dengan tema “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”

Dalam sambutan Bahtiar mengurai sejarah perjuangan Budi Utomo dan Kartini, serta bagaimana peran kaum muda harus menghadapi tantangan perkembangan zaman menuju Indonesia emas 2045.

Namun hal lain, Bahtiar membeberkan salah seorang guru yang menjadi dasar gerakan kaum muda, khususnya di Sulawesi, yakni dr. Wahidin Sudirohoesodo.

“Makanya di Makassar ada RS Wahidin Sudiro Husodo. Nama Orang Jawa tetapi di Makassar. Bahkan tak banyak yang ketahui, dr Wahidin berjuang mengobati pribumi yang mengalami penderitaan.” ungkapnya.

Melalui dr Wahidin, telah diajarkan untuk selalu melihat penderitaan rakyat. “Dari situlah siswa-siswa dr Wahidin terinsipirasi maka terbentuklah Budi Utomo. Bangkit dengan mengorganisir pendidikan,” pungkasnya.

Untuk itu, PJ Gubernur Bahtiar berharap di Sulbar agar terus mendorong pendidikan lebih cepat lagi.

Dia menjelaskan, Indonesia Emas 2045 berarti pendapatan masyarakat mencapai 15 juta.

“Mau nggak mau yah sekolah. Jadi tidak ada jalan lain, daerah lain seperti kita di Sulbar, untuk melompat setara dengan daerah lain pendidikan dan basic teknologi harus dilipat-gandakan. Untuk mempercepat pembangunan dan mempercepat mewujudjab Indonesia emas,” ungkapnya.

(Adv)