Begini Harapan Arwan M Aras di Hari Jadi Mamuju ke-482

Mamuju921 Views

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Hari jadi Mamuju yang ke-482 tahun akan diperingati pada hari Kamis (14/07/22) besok. Sejumlah agenda telah disiapkan pemerintah Kabupaten Mamuju untuk memeriahkan hari bersejarah bagi daerah dengan julukan ‘Manakarra’ itu.

Peringatan hari jadi Mamuju kali ini rupanya memiliki makna tersendiri bagi Anggota DPR RI asal dapil Sulawesi Barat, H. Arwan M Aras Tammauni.

“Pertama, saya ingin menyampaikan selamat hari jadi Mamuju ke-482 tahun. Saya salah satu orang yang merasa berbahagia atas setiap momentum hari jadi Mamuju. Usia yang sangat mapan, dan perjalanan sejarah daerah ini yang sangat luar biasa. Dan Mamuju kita akui terus mengalami perubahan-perubahan,” kata Arwan M Aras Tammauni saat dihubungi, Rabu (13/07/22).

Mamuju, kata Arwan, menyimpan potensi sumber daya alam (SDA) yang sangat besar dan melimah dari semua sektor. Seperti pertanian, perkebunan, tambang, emas, mangan, uranium, serta sektor kepariwisataan yang menjanjikan.

Sehingga, lanjut dia, dibutuhkan kesungguhan dan keseriusan pemerintah untuk menggali dan mengelola potensi yang ada demi kemajuan Ibukota Sulawesi Barat itu.

“Kabupaten Mamuju itu merupakan suatu daerah yang sangat indah, unik, tentram, damai dan menyimpan banyak potensi kekayaan sumber daya alam yang benar-benar berlimpah. Tapi potensi ini harus dikelola dengan baik,” tegas Arwan.

Menurut politisi muda PDI Perjuangan itu, perlu adanya sinerji yang lebih maksimal oleh semua komponen, baik pemerintah maupun masyarakat secara umum.

“Nah, momentum hari jadi Mamuju ini kita harus refleksi sekaligus berkomitmen membangun sinerji kepada semua lintas sektor dan stakeholder yang ada. Semua demi kemajuan daerah yang kita cintai ini,” harap Arwan.

Kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju, Arwan juga mengingatkan agar tetap fokus pada pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan aspek pembangunan lainnya.

“Yang lebih utama juga adalah pelayanan dasar dan inovasi pengelolaan pemerintahan, karena ini yang saya rasa masih kurang. Kita juga berharap agar pemerintah melibatkan masyarakat secara optimal, apalagi kita baru setahun lebih merasakan bencana alam gempa bumi dan juga pandemi Covid-19 yang berdampak kepada masyarakat,” jelasnya.

Terakhir, legislator pusat peraih suara terbanyak hasil Pileg 2019 di Sulbar ini juga mengingatkan pemerintah agar terus menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan Mamuju sebagai warisan yang harus terus dijaga dan dilestarikan.

“Dan yang paling terpenting adalah budaya kita tetap terjaga dengan baik. Pemerintah juga harus terus mendukung pelestarian budaya sebagai kearifan lokal atau local wisdom yang kita miliki,” tutup Anggota Komisi X DPR RI itu.