Shin Tae-yong Panggil 4 Pemain PSM ke Timnas

Olahraga1396 Views

SULBARONLINE.COM, Olahraga -Pelatih Shin Tae-yong menaruh perhatian lebih pada permainan PSM Makassar musim ini. Terbukti, ada 4 pemain PSM yang dipanggilnya ke Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong memanggil 2 pemain PSM untuk masuk ke Timnas Senior, yakni Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananta. Sementara 2 pemain lainnya, Dzaky Asraf dan Ricky Pratama dipanggil untuk memperkuat Timnas U-20 sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Saat ini, Shin Tae-yong berada di Turki untuk menggelar pemusatan latihan (TC) bersama Timnas U-20. Dua pemain PSM, Ricky dan Dzaky bahkan berkontribusi dalam laga uji coba perdana Timnas U-20.

Dzaky memberi assist dan Ricky mencetak gol untuk kemenangan 2-0 Timnas Indonesia atas tim lokal Turki, Cakallikli Spor, Senin (24/10).

1. Yakob Sayuri

Yakob Sayuri menjadi salah satu pemain lokal PSM Makassar yang mampu menorehkan kiprah positif musim ini. Di Liga 2022/2023, Yakob mencetak 4 gol dan 3 assist dari 9 penampilannya.

Di kompetisi level international, pemain berusia 25 tahun itu juga tampil bagus. Di AFC Cup 2022, Yakob mencetak 2 gol dari 2 laganya dan mengantar PSM mencapai babak final zona ASEAN AFC Cup 2022.

Pencapaian ini menjadi pertimbangan pelatih Shin Tae-yong memanggil Yakob dalam agenda FIFA Matchday Timnas Indonesia melawan Curacao akhir September lalu.

Yakob yang bermain bukan pada posisi aslinya bermain apik dengan memberi kemenangan untuk Indonesia. Tanpa Asnawi Mangkualam di dua pertandingan membuat Yakob bermain di posisi bek kanan.

2. Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta mencuri perhatian pelatih Shin Tae-yong setelah tampil memukau bersama PSM. Tampil sebanyak 7 kali pemain berusia 19 tahun ini mengemas 3 gol.

Berkat pencapaiannya tersebut, Sananta ikut dipanggil untuk agenda FIFA Matchday menghadapi Timnas Curacao 24 dan 27 September lalu.

Meski tidak bermain sebagai pemain inti, tetapi debut Sananta bersama timnas cukup mengesankan.

3. Dzaky Asraf

Promosi ke tim senior PSM musim ini, Dzaky Asraf menjalani debutnya dengan baik. Pemuda kelahiran 3 Februari 2003 tersebut selalu dipercaya pelatih Bernardo Tavares untuk mengisi pos sayap kanan.

Debutnya di kompetisi resmi terjadi pada babak penyisihan grup AFC Cup 2022. Tepatnya saat PSM menahan imbang Kuala Lumpur City FC pada 24 Juni 2022.

Di AFC Cup, Dzaky bermain dengan 4 laga atau 128 menit. Sedangkan di Liga 1, pemain berusia 19 tahun itu bermain 12 laga dengan penampilan 488 menit. Di Liga 1 ia mencatatkan sekali peluang, 99 umpan sukses, 7 tekel, 9 intersep, dan 2 clearances.

Performanya yang melejit, membuat pelatih Shin Tae-yong memanggilnya. Memulai debutnya, Dzaky langsung menyumbang 1 assist saat Timnas U-20 beruji coba melawan Cakallikli Spor, Senin (24/10).

4. Ricky Pratama

Ricky Pratama jadi pemain yang mencolok pada EPA U-18 2021 dengan menjadi top skor. Torehan tersebut membuatnya langsung dipanggil Shin Tae-yong dalam TC di Turki pada November 2021.

Kemudian, masuk April 2022, Ricky Pratama terpilih untuk pemusatan latihan di Korea Selatan. Pemuda asal Sidoarjo itu kembali ikut menjajal Toulon Tournament di Prancis, Juni lalu.

Berlanjut dalam persiapan Timnas U-20 menatap Piala Dunia U-20, Ricky kembali dipanggil untuk TC di Turki dan Spanyol. Bisa dibilang, pemain berusia 19 tahun itu sudah jadi langganan di Timnas.

Sejauh ini, Ricky bermain 4 laga untuk PSM musim ini. Masing-masing 1 laga di AFC Cup dan 3 laga di Liga 1. Di kompetisi domestik, Pemilik nomor punggung 15 tersebut melepas 3 shots on target, 10 operan dan 3 intersep dalam pentas Liga 1 sejauh ini.(*/Detiksulsel).