Program PKBI Sulawesi Selatan Humanitarian Goes to Campus di Universitas Hasanuddin

Kesehatan314 Views

SULBARONLINE.COM, Sulsel — Humanitarian Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Regional Tengah bekerja sama dengan Mahasiswa Magang Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Mahasiswa MBKM Universitas Negeri Makassar mengadakan Humanitarian Goes to Campus.

Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 30 Oktober 2023 di Aula Prof. Hardjoeno Gedung Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar.

Kegiatan ini mengangkat tema “Peran Remaja dalam Membangun Generasi Peduli dan Tangguh dalam Aksi Kemanusiaan”.

Wakil Dekan II Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Atjo Wahyu, SKM. M.Kes yang membuka kegiatan ini secara langsung.

Turut hadir Bendahara Pengurus Daerah PKBI Sulawesi Selatan, PMI Kota Makassar, Harian News, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, KSR PMI Unhas, Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Youth Center PKBI Sulawesi Selatan, Staf dan Relawan PKBI Sulawesi Selatan.

Narasumber pertama pada kegiatan ini ialah Nurhayati, S.Tr. Keb., selaku Manajer Klinik Cinta Ibu yang membahas terkait pemenuhan kebutuhan layanan HKSR pada situasi krisis kesehatan.

Narasumber kedua yaitu Arif Anwar, S.KM., M.Kes selaku Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin yang membahas mengenai peran Fakultas Kesehatan Masyarakat dalam situasi krisis kesehatan.

Narasumber terakhir pada kegiatan ini adalah Dr. H. Syamsu Rizal, M.I., S.Sos, M.Si. yang membahas terkait Kaderisasi Relawan Remaja Program Kemanusiaan PMI.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar para remaja dapat memahami terkait kesehatan seksual dan reproduksi di situasi krisis kesehatan serta dapat berperan aktif dalam melakukan aksi-aksi kemanusiaan saat terjadi krisis kesehatan.