Dispora Sulbar Mulai Buka Pendaftaran Peserta POPDA IX 2024 di Mateng

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulbar kini mulai menyiapkan berbagai hal untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) IX di Mamuju Tengah (Mateng).

Seperti diketahui, Popda IX Mateng ini akan berlangsung mulai 28 Mei hingga 2 Juni 2024.

Dispora telah membuka pendaftaran untuk peserta Popda. Dimukai dari tahap pemberkasan entry by number dan entry by name.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulbar, Agus mengatakan, sampai saat ini sebanyak tiga kabupaten yang telah mendaftar yaitu kabupaten Mamasa, Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dan Kabupaten Majene

“Tersisa kita menunggu kabupaten yang lain, yaitu Mamuju, Mamuju Tengah dan Pasangkayu,” sebut Agus.

Menurutnya, sesuai hasil komunikasi dengan beebagai pihak, masa pendaftaran bagi peserta di 6 Kabupaten dapat segera rampung Minggu ini.

“Setelah selesai masa pendaftaran di Sekertariat Dispora dan memasuki persiapan sampai waktu pelaksanaan, kita akan bergeser ke sekertariat di Topoyo Mamuju Tengah,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dispora Sulbar, Safaruddin Sanusi DM, menyampaikan sesuai arahan penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakhrulloh dan Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar, Dr. Muhammad Idris, bahwa pelaksanaan Popda IX di Mateng harus disiapkan sebaik dan semaksimalmungkin.

“Dan kita berharap dukungan dari semua pihak untuk dapat menyukseskan terselenggaranya acara ini. Para atlet dapat terfasilitasi untuk mengikuti¬† pelaksanaan POPDA IX di Mateng ini,” harap Safaruddin.

Rencananya, kata dia, Popda tahun ini bakal dibuka oleh Pj Gubernur Sulbar dan dihadiri Sekprov Sulbar.

Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh melalui pesan singkatnya, mengatakan, pelaksanaan Popda IX 2024 di Mateng harus disiapkan dengan baik.

“Event olahraga ini harus menjadi kesempatan untuk mencari bibit-bibit muda yang berkualitas. Potensi olahraga kita besar, tetapi harus diberi perhatian secara seriua dan maksimal,” pungkas Zudan.

Sekadar diketahui, Popda IX 2024 di Mateng akan mempertandingkan 8 Cabang Olahraga (Cabor), seperti Cabor Sepakbola, Voli, Bola Basket, Bulu Tangkis, Tinju, Tennis Lapangan dan Pencak Silat.