GERTAK Demo di PDAM Tirta Manakarra, Ini Tuntutannya

Mamuju, Sosial261 Views

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Anti Korupsi (Gertak) Sulawesi Barat menggelar unjuk rasa di depan kantor PDAM Tirta Manakarra.

Massa menuntut pihak PDAM Tirta Manakarra Mamuju untuk segera melakukan perbaikan dalam sektor pelayanan teehadap masyarakat.

“Banyak masyarakat yang merasa resah terhadap pelayanan PDAM Tirta Manakarra. Seharusnya sebagai perusahaan yang menangani pelayanan penyedia air bersih di kabupaten Mamuju masih sangat tidak memuaskan,” tegas Ketua Gertak Sulbar, Ahmad dalam orasinya di kantor PDAM Mamuju, Jum’at, (17/05/2024).

Lanjut Ahmad mengatakan dari bebagai informasi yang peroleh di lapangan ia banyak mendapat masukan bahwa PDAM Tirta Manakarra Mamuju airnya kadang tidak mengalir.

Selain itu, air yang seharusnya bersih itu kadang kotor dan juga berbau.

Belum lagi, tambah Ahmad, baru-baru ini telah terjadi kerusakan pipa yang ada di kecamatan Kalukku yang membuat masyarakat di daerah tersebut merasa resah.

“Gertak juga mempertanyakan sistem dan mekanisme penanaman pipa yang dilakukan oleh PDAM sehingga kerusakan pipa tersebut bisa terjadi,” ujarnya

Ahmad menjelaskan dalam orasinya, PDAM Tirta Manakarra harus bertanggung jawab dalam kejadian ini dan meminta agar pelayanan kepada masyarakat harus menjadi prioritas.

Adapun tuntuntan Gertak Sulbar kepada PDAM Tirta Manakarra Mamuju antara lain;

1. Publikasi aturan yang terkait Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
a. Aturan pemasangan meteran air
b. Aturan pegawai dan standar gaji pdam
c. Aturan terkait pemasangan mesin penyedot air di rumah warga
d. Meminta PDAM Tirta Manakarra Mamuju, agar terbuka ke publik terkait aturan penanaman pipa, dari semua jenis pipa.

2. PDAM harus minta maaf kepada seluruh warga Mamuju terkait ketidak lancaran air. Ditambah lagi air yang mengalir kadang warna coklat dan berbusa.

3. Meminta PDAM Tirta Manakarra untuk memberi kompensasi kepada para konsumen PDAM.

“Kami akan kembali melakukan demonstrasi bahkan akan melayangkan laporan ke Kejari Mamuju untuk mengaudit anggaran APBD dan APBN yang telah digunakan PDAM Tirta Manakarra Mamuju,” jelas Ahmad.