Dispora Kunjungi Pengurus KONI Sulbar, Ini yang Dibicarakan

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Barat melakukan kunjungan ke Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Barat, Rabu (17/1/24).

Kunjungan dilakukan oleh Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulawesi Barat, Agus dan sejumlah staf.

Mereka diterima oleh Sekretaris, Wakil Sekretaris, Bendahara dan beberapa personil KONI Sulbar.

Dalam kunjungan tersebut, beberapa hal didiskusikan dan disampaikan ke KONI, seperti evaluasi terhadap program KONI Tahun 2023, pemantapan program 2024 dan usulan rencana program kegiatan tahun 2025.

“Jadi kunjungan kami ini sebagai bahan evaluasi 2023 untuk melakukan perbaikan-perbaikan, baik dari sisi administrasi ataupun dari sisi peningkatan pembinaan prestasi atlet. Dan harapannya kedepan bagaimana capaian prestasi atket lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya,” kata Agus.

Kemudian, sebut Agus, pihaknya juga menyampaikan agar melakukan inventarisasi potensi yang dimiliki oleh cabang olahraga (Cabor) yang ada di Sulawesi Barat, minimal memiliki base link data potensi, utamanya sarana dan prasarana secara keseluruhan yang ada di Sulbar.

Selain itu, kata Agus, pelatih dan wasit yang ada di wilayah Sulbar memang sangat penting memiliki data yang akurat. Sehingga mampu melihat daerah-daerah yang memiliki banyak pelatih dan wasit atau sarpras.

“Nanti juga akan menjadi cacatan evaluasi kira-kira setelah kita melihat inventarisasi data secara keseluruhan, kita bisa memprioritaskan cabor apa yang sangat kurang dimiliki pelatihnya ataupun wasit. Ini yang perlu menjadi catatan dari potensi yang kita miliki dengan data yang valid, maka kita bisa memiliki perencanaan tahun berikutnya untuk bisa meningkatkan kapasitas pelatih dan wasit, sehingga kita bisa melakukan pemerataan pengembangan SDM para pelatih dan wasit,” ungkapnya.

“Dan harapannya kedepan adalah bagaimana percepatan prestasi atlit secara menyeluruh sehingga dengan potensi para pelatih dan wasit tersedia di Sulbar akan mendorong percepatan prestasi atlet,” tambahnya.

Kemudian, lanjut Agus, terkait dengan perisapan pemantapan pelaksanaan kegiatan tahun 2024 yaitu pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh dan Sumatera Utara.

“Harapan kita dengan lolosnya 15 Cabor ke PON, kita betul-betul bisa mempersiapkan diri mulai dari pelaksanaan TC (Training Centre), termasuk menjaga kemampuan potensi atlet yang berlaga di nasional. JadiĀ  kita mempersiapkan sedinimungkin untuk bisa meraih prestasi atlet pada ajang PON di Aceh-Sumut. Kita butuh kontribusi dari semua pihak untuk memberikan support terhadap pelaksanaan PON di 2024 ini,” harapny.

Hal lain yang dibicarakan, tambah Agus, adalah rencana progtam tahun 2025 terkait mekanisme aturan tentang pelaksanaan dana hibah bantuan sosial (Bansos). Sebab, pelaksanaan kegiatan 2025 yang merupakan usulan programnya harus disampaikan satu tahun sebelum tahun anggaran berjalan.

Sehingga, Agus berharap kepada KONI untuk segera merampungkan dan membuat rencana program kegiatan tahun 2025 untuk segera disampaikan ke Dispora Sulbar.

“Dan Dispora akan melakukan tindak lanjut dalam hal membuat SK verifikasi, selanjutnya hasil verifikasinya akan disampaikan kepada pimpinan. Pimpinan akan membuat rekomendasi dan menyampaikan ke Gubernur melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah, dan kemudian dibuatkan nota pertimbangan untuk mendapatkan pagu indikatif untuk tahun 2025,” paparnya.

Karena itu, Agus juga berharap agar sinergitas antara Dispora dan KONI dalam rangka memajukan prestasi olahraga di Sulawesi Barat dapat diwujudkan.

Keoada semua cabor, Agus meminta adanya partisipasi secara optimal, baik dari sisi administrasi untuk mendukung secara akuntabel dari proses administrasi mulai dari persuratan terhadap laporan pertanggungjawaban (Lpj) yang telah mendapatkan bantuan dari Dispora ke KONI.

“Begitu juga Cabor kita diharapkan agar menyampaikan LPj sesuai dengan mekanisme aturan Pergub yang telah dibuat oleh pemerintah provinsi Sulawesi Barat. Dan kedepan, sinergitas dari semua cabor bersama semua elemen masyarakat dan pegiatan olahraga dapat meningkatkan prestasi di Sulbar,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *