Tekan Angka Putus Sekolah, Disdikbud Sulbar akan Programkan Berangkat Sekolah Gratis 2024

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulbar di tahun 2024 mendatang berupaya meningkatkan minat sekolah siswa dengan memberikan fasilitas ke sekolah gratis.

Menurut kepala Dinas Pendidikan Dan kebudayaan Sulbar Dr Mithhar, fasilitas sekolah gratis tersebut akan diwujudkan dengan menjemput siswa siswa kerumahnya menggunakan bus.

“Kalau kita tidak mampu dalam pengadaan bus sekolah, kita akan bekerja sama atau memanfaatkan, warga yang mempunyai kendaraan pete peteĀ  di kampung. kita anggarkan pembelian bensin setiap bulan, jadi dia wajib mengantar jemput siswa,” tutur, Jumat (1/12/2023)

Dr Mithhar menjelaskan, pihaknya memprogramkan hal tersebut lantaran pengalaman selama ini salah satu faktor siswa banyak putus sekolah karena fasilitas berangkat ke sekolah tidak ada.

“Banyak siswa yang putus sekolah karena tidak memiliki kendaraan ke sekolah apa lagi jika jarak sekolah dan rumah siswa berpuluh puluh kilometer, sehingga menjadi dilema juga,”ucapnya.

Dr Mithhar mengatakan, untuk sementara pihak telah menyiapkan 1 Miliar angaran.

Dengan adanya fasilitas ini kata dia, Disdikbud Sulbar mengharapkan tahun tahun berikutnya tidak ada lagi siswa yang putus sekolah sehingga kualitas SDM Sulbar bisa membaik.

“Namun ini akan terwujud jika seluruh Kabupaten di Sulbar ikut mendorong hal yang sama, sementara kita akan terus melakukan dukungan,” pungkasnya.

(Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *