Dispora Bersama Percasi Sulbar Gelar Silaturahmi dan Sosialisasi Peraturan Catur

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Barat (Sulbar) bersama Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sulbar menggelar silaturahmi di Cafe Dharma Jl. Yos Sudarso Mamuju, Sabtu (23/12/23).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dispora Sulbar, Safaruddin Sanusi DM, dihadiri Ketua Percasi Sulbar, Muhammad Jayadi beserta puluhan masyarakat pemain catur serta pengurus Percasi Sulbar.

Silaturahmi sambil bertanding dan bermain catur ini dilaksanakan sekaligus untuk melalukan sosialisasi tentang peraturan cabang olahraga (Cabor) catur.

“Kegiatan ini adalah silaturahmi masyarakat dengan cara main catur untuk memasyarakatkan olahraga catur khususnya pemula-pemula, karena semakin banyak bertanding berarti menambah pengalaman dan psikologi pemain catur,” kata Kadispora Sulbar, Safaruddin Sanusi DM.

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai refleksi akhir tahun 2023 yang tinggal beberapa hari saja dengan menggunakan kesisahan anggaran.

“Ini hanya sisa-sisa anggaran kegiatan yang bisa dimanfaatkan khususnya anggaran catur, sehingga dengan silaturahmi bersama para pemain-pemain berbakat dan masyarakat bisa berbaur dengan tidak sungkan-sungkan melawan yang bukan lawan bermainnya. artinya memang untuk ajang silaturahmi dalam merefleksi akhir tahun 2023,” ungkapnya.

Safaruddin menambahkan, atlet cabang olahraga (Cabor) catur adalah salah satu cabor yang lolos dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 mendatang.

“Karena itu perlu ada dorongan bagi masyarakat khususnya pemula untuk minat catur ini,” tuturnya.

Apalagi, lanjut Safaruddin, permainan catur merupakan cabang olahraga yang paling mudah dan gampang dilakukan, karena tidak mengambil tempat yang banyak, tidak perlu ada persiapan yang cukup untuk berlatih.

“Mudah sekali untuk berlatih. Cukup 2 orang saja sudah bisa berlatih atau bermain catur, dan tidak mengenal tempat, semua bisa dilakukan baik di warkop, di kapal, di kamar, di loby hotel, di tempat wisata sambil minum kopi dan makan pisang goreng, semua bisa dilakukan,” sebutnya.

“Maka dengan catur ini sangat santai, tapi berpikir dengan strategi masing-masing,” imbuhnya.

Safaruddin berharap, kegiatan serupa akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Sekali lagi harapan bapak Penjabat Gubernur bahwa perbanyak kegiatan karena dengan memperbanyak kegiatan, baik olahraga maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya maka akan menambah perputaran ekonomi, sehingga masalah yang selama ini dihadapi seperti inflasi bisa diatasi,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *