Dinas Ketapang Sulbar Optimalkan UMKM  Binaan di Promosi dan Expo

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Provinsi Sulawesi Barat menggelar Promosi Penganekaragaman Komsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal dan Expo Produk olahan UMKM Binaan Dinas Ketapang.

Puluhan produk UMKM binaan hadir memasarkan produk olahannya bersinergi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar.

Pameran dirangkaikan pasar murah yang digelar tiap pekannya di Taman Karema, Kecamatan Mamuju, Kabupapten Mamuju, Selasa (12/12/2023).

Hadir sebagai narasumber, Kepala Dinas Ketapang Sulbar diwakili Kepala Bidang Distribusi Harga Pangan, Adnan, Penanggungjawab Kegiatan, Erwin Mukhtar, Direktur Lembaga Kajian Strategis UMKM Indonesia, Naharuddin.

Dalam laporannya, Erwin Muktar menyampaikan, tujuan promosi untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang dihasilkan UMKM agar diminati masyarakat.

Khusus Binaan UMKM Dinas Ketapang, Erwin mengatakan, para pelaky usaha dapat menungkatkan nilai jual produk melalui promosi.

“Tujuan kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas pengetahuan kelompok UMKM binaan Dinas Ketapang,” jelasnya.

“Sehingga, diharapkan nantinya kegiatan bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, umumnya di wilayah Provinsi Sulbar, khususnya Kabupaten Mamuju,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Distribusi Harga Pangan, Adnan mengatakan, expo atau pameran ini pihaknya melihat potensi besar UMKM untuk terus tumbuh.

Adnan menuturkan, UMKM tak hanya sekedar berperan dalam perekonomian tetapi juga menjaga ketahanan dan keberlanjutan pangan.

“Lewat Expo kita telah menampilkan UMKM dan memperlihatkan potensinya yang dimiliki oleh UMKM kita yang terus mendorong petekonomian,” ujarnya.

“Tak sekedar agar ekonomi tetap terjaga, terpenuhinya kebutuhan pangan secara cukup dari mutunya, merata dan terjangkau,” lanjutnya.

Adnan menyebut, Expo tersebut wujud secara nyata upaya Pemprov Sulbar memfasilitasi mendukung pertumbuhan UMKM terhadap dedikasinya lewat kerja keras semangat kewirausahaan.

“Kami berharap, saudara-saudara dapat memperluad jaringan, mendapatkan akses ke pasar yang lebih luas dan tentunya mendapatkan inspirasi baru untuk terus berkembang dan berinovasi,” pungkasnya.

(Adv/Adr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *