Sudirman Hadiri Rapat DPRD Sulbar dan KONI, Bicarakan Anggaran Persiapan PON

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Anggota DPRD Sulawesi Barat, H. Sudirman, ikut menghadiri audiensi antara DPRD Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Barat, Senin (13/11/23).

Audiensi ini diterima langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Barat St. Suraidah Suhardi bersama beberapa Anggota Badan Anggaran (Banggar), di antaranya H. Sudirman, Bonggalangi, Irbad Kaimuddin, Fitriani, dan Hasan Bado.

Hadir juga Kabag Persidangan DPRD Sulbar, Musra Awaluddin bersama Kasubag Perisalah Legislatif H. Sahrin Salatung dan para staf Persidangan Sekretariat DPRD Sulbar.

Adapun dari Unsur KONI Sulbar hadir Ketua KONI Ali Baal Masdar, Sekretaris KONI, Bendahara KONI dan para staf KONI Sulawesi Barat.

Ketua DPRD Sulbar Suraidah menyampaikan, terkait permohonan audiensi KONI ke DPRD Sulbar yang diterima melalui surat permintaan audiensi yang disampaikan kepada sekretariat DPRD.

“Rapat hari ini merupakan tindak lanjut dari surat yang diteruskan ke pimpinan terkait permohonan audiensi KONI ke DPRD Sulbar,” ujar suraidah.

Selanjutnya, Pimpinan rapat memberikan kesempatan kepada KONI Sulbar untuk menyampaikan maksud dan tujuan.

Melalui Sekertaris KONI Sulbar Samiran, menyampaikan maksud dan tujuan audiensi ini adalah menyampaikan terkait keikutsertaan Cabang Olahraga dari Sulawesi Barat dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara 2024 mendatang.

“Untuk Cabang Olahraga yang telah mendapatkan tiket Ke PON mewakili Sulbar sebanyak 11 Cabor dan menunggu dua Cabor yang sedang melaksanakan Pra PON yaitu Dayung dan Panahan. Sehingga ada 13 Cabor yang akan ikut dalam PON nantinya dan itu membutuhkan Dana yang besar,” katanya.

Menurutnya, KONI Sulbar mengalami kekurangan anggaran. Karena itu, pihaknya mengajukan proposal penambahan Anggaran kepada DPRD melalui Banggar.

“Adapun Cabor yang menghabiskan anggaran besar adalah Cabor Sepakbola dan Futsal dibawah naungan PSSI yang kurang lebih 50 Atlet dan Official,” ungkap Samiran.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Sulbar, Sudirman mengapresiasi sejumlah prestasi Cabor naungan KONI Sulbar yang lolos ke PON.

“Kami lihat ada peningkatan prestasi Cabor Sulbar, dibandingkan pada PON Papua lalu, hanya ada delapan dan pada PON Aceh Sumatera ada peningkatan,” katanya.

Karena itu, Sudirman mengaku akan membicarakan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah Sulbar untuk mencari tambahan anggaran untuk menutupi kekurangan anggaran untuk PON.

“Saya pikir kita harus mendukung prestasi Cabor yang sudah lolos ke PON Aceh-Sumatera, selain memberikan bonus bagi atlet yang mendapat medali nantinya harus ada pemberian beasiswa atau pemberian reward seperti memberi lapangan kerja bagi para atlit,” pungkasnya.

Sebelum menutup rapat audiensi ini, ketua DPRD menyampaikan bahwa semua masukan dan saran terkait permohonan penambahan anggaran KONI Sulbar untuk keikutsertaan dalam PON Aceh-Sumatera akan dibahas bersama Pemerintah Provinsi melalui TAPD bersama dengan Banggar DPRD Sulbar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *