Jaga Ketercukupan Kebutuhan Air Bagi Masyarakat, PJ Gubernur Zudan Kukuhkan Forum DAS

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengukuhkan Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) periode 2023-2028 di Waterpark Maleo Mamuju, Senin 13 November 2023.

Forum ini melibatkan pakar, ahli, birokrat, akademisi yang diharapkan dapat berkolaborasi dan menyumbangkan pikiran dengan harapan DAS Sulbar terjaga dan ketercukupan air bisa terpenuhi.

Seperti diketahui, Sulbar memiliki 334 Daerah Aliran Sungai dan 9 Sungai besar yang harus dijaga. Olehnya, kehadiran Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) diharapkan dapat berperan aktif di provinsi Sulbar.

“Daerah aliran sungai ini sangat penting untuk menjaga sistem iklim hidrologi dan klimatologi sehingga kita semua harus bersama-sama menjaga agar daerah aliran sungai baik hulu,tengah sampai dengan hilir itu terjaga,” ucap Zudan.

Sestama BNPP ini berharap forum DAS ini dapat segera bekerja menghadirkan solusi untuk DAS di wilayah Sulbar.

“Pendangkalan bisa kita atasi, erosi bisa kita atasi, banjir bisa kita cegah dan kalau terjadi banjir juga bisa kita antisipasi, sumbangsi pikiran forum ini menjadi sangat diharapkan,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *