Bahas Sarana Transportasi Anak Sekolah, Kadisdikbud Sulbar Terima Kunjungan GM DAMRI Mamuju

SULBARONLINE.COM, Mamuju —Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat, Mitthar Thala Ali, menerima kunjungan General Manager DAMRI Mamuju, Shaiful Hadie, di kantor Disdikbud Sulbar, Selasa (10/10/2023).

Pertemuan ini merupakan agenda kolaborasi antara kedua belah pihak yang telah dibangun sebelumnya, sebagai upaya menyediakan sarana transportasi bagi anak sekolah dalam rangka penuntasan Anak Tidak Sekolah (ATS).

Sebelumnya, kunjungan serupa juga telah dilakukan Mitthar ke kantor DAMRI Mamuju Agustus lalu. Saat itu, Mitthar meminta agar DAMRI menyediakan armada untuk mengangkut anak sekolah, khususnya di daerah yang sulit sarana transportasi ke sekolah.

“Kita membicarakan tindak lanjut pembicaraan sebelumnya untuk pengoperasian bus Damri untuk mengangkut anak sekolah yang kesulitan fasilitas transportasi menuju ke sekolahnya,”terang Mitthar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat, Mitthar Thala Ali menyampaikan, kurangnya sarana transportasi di sejumlah daerah yang mengakibatkan anak didik kesulitan menempuh jarak ke sekolah, juga merupakan salah satu penyebab tingginya ATS.

“Hal ini penting mengingat hasil wawancara Satgas Penanganan ATS Provinsi Sulawesi Barat dengan siswa yang putus sekolah, tidak lanjut sekolah atau tidak sekolah kurang lebih 30% karena faktor tidak adanya alat transportasi ke sekolah,”tambahnya.

Kata Mitthar, pertemuan ini mengerucutkan jika pihaknya bakal menjadikan pengadaan transportasi anak sekolah bersama DAMRI itu menjadi program prioritas di tahun 2024 mendatang.

“Insya Allah tahun 2024 Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, atas arahan Pj. Gubernur, dikbud Sulbar meprogramkan pengadaan angkutan anak sekolah melalui Damri dan Potensi Angkutan lainnya. Program ini kami jadikan sebagai Program Unggulan, sebagai bentuk bahwa pemerintah hadir membersamai masyarakatnya khususnya anak usia sekolah dipastikan terlayanani Pendidikan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal,”tutupnya.(Adv).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *