Laga Final, Atlet Takraw Putri Sulbar Sumbang Medali Perak di Popnas XVI Palembang

SULBARONLINE.COM, Palembang — Kerja keras Tim Sepak Takraw Putri Sulawesi Barat pada gelaran Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) 2023 membuahkan hasil yang maksimal.

Pasalnya, Tim Atlet Takraw Putri asuhan coach Masdar ini dapat melaju hingga ke babak final kategori Quadrant putri, Minggu (3/9/23).

Di babak final tersebut, mereka berhadapan dengan tuan rumah Sumatera Selatan. Hasilnya, Sulawesi Barat harus puas dengan perolehan medali perak. Sementara, tuan rumah berhasil meraih medali emas.

Awal pertandingan di set pertama, sempat terjadi kejar mengejar poin. Namun di pertengahan laga ini, Tim Sumsel mendominasi pemainan hingga akhirnya menutup  kemenangan dengan 21 : 12 poin.

Memasuki set kedua, Tim Sulawesi Barat meningkatkan tempo dan tekanan dengan smash dan block yang mematikan.

Tak heran, di set kedua ini perolehan poin Sulbar lebih awal memimpin laga. Sayangnya, atlet andalan Sulbar, Andi Clara yang berada di posisi Tekong cidera pada bagian kaki kanan. Ia pun terpaksa berhenti bermain di set kedua ini.

Dengan keluarnya Andi Clara, Tim Sumsel semakin menekan, dan kembali terjadi kejar mengejar poin. Hasil akhirnya, tim Sumsel menutup pertandingan dengan skor 21 : 17 dan mengunci perolehan medali emas di laga final ini.

Pelatih takraw putri Sulawesi Barat, Masdar, mengaku, tim takraw putri telah berjuang dengan keras di babak final hari ini.

“Tentu sebagai pelatih, saya sudah sangat bersyukur kita mampu masuk final. Anak-anak sudah sangat berjuang keras, tapi akhirnya kita hanya dapat medali perak, itu kita syukuri,” kata Coach Masdar.

Ia tidak bisa menyesali salah satu atlet takraw putri yang cidera dalam pertandingan babak final ini.

“Sesungguhnya saya meyakini bahwa meskipun kita kalah di set pertama, biasanya kita menang di set kedua. Tapi atlet kita cidera, dan dia yang paling senior di tim ini. Karena itu, saya meminta maaf kepada pemerintah provinsi Sulawesi Barat dan seluruh warga Sulbar karena belum bisa memberikan yang terbaik,” ucap Masdar.

“Dan kami juga menyampaikan terimakasih kepada Pemprov Sulbar, khususnya kepada Kadispora Sulbar bersama jajaran karena sudah memberikan kesempatan kepada kami, mulai dari TC (Training Centre) selama dua minggu. Kedepan kami akan terus memberikan yang terbaik,” tambah Masdar.¬†Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Provinsi Sulawesi Barat, Agus, mengatakan perolehan medali perak oleh tim takraw Sulbar merupakan perjuangan yang luar basa.

“Alhamdulillah hari ini kita menutup sesi, dan perjuangan luar biasa. Perolehan medali hari ini adalah yang ketiga untuk Sulbar,” kata Agus.

Agus mengakui, kemampuan atlet takraw Sulbar yang dapat mengimbangi permainan tim-tim yang selama ini terbina dengan baik adalah sesuatu yang luar biasa.

“Sudah sangat luar biasa pencapaian ini. Lawan kita adalah tim yang sudah terbina dengan baik. Karena itu, perjuangan anak-anak kita sudah luar biasa,” ucapnya.

Karena itu, Agus menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim, atlet, pelatih, official, pendamping, kepada para Cabor Kabupaten dan Provinsi, KONI Kabupaten, KONI Provinsi, dan seluruh stakeholder yang telah memberikan dukungan, doa dan semangatnya kepada tim takraw Sulbar.

“Terimakasih atas perjuangan anak-anak kita tim sepak takraw putri, dan terimakasih untuk semuanya. Salam kami dari Palembang. Mohon maaf, kami bersama seluruh tim hanya mampu meraih 3 medali. Kami sudah berjuang maksimal,” ucapnya.

” Mohon doa dan dukungannya. Sehingga kedepan, kita akan lebih baik lagi. Apa yang kita peroleh hari ini sudah sungguh luar biasa. Karena jika kita perbandingkan perolehan pada Popnas sebelumnya, maka hari inilah yang terbaik kita dapatkan,” tutup Agus.

Kepala Dispora Sulbar, Safaruddin Sanusi DM, saat dihubungi via telpon, menyampaikan selamat atas perolehan medali perak dari atlet takraw putri Sulbar.

“Ini kebanggaan kita semua. Saya ucapkan selamat atas perolehannya di hari terakhir Popnas XVI ini. Saya juga sampaikan terimakasih untuk semua pihak, baik Pak Pj Gubernur, Pak Sekda, DPRD Sulbar, para pelatih, pendamping, official, dan khusus kepada semua atlet,” ucap Safaruddin.

Sekadar diketahui, para atlet takraw putri Sulawesi Barat yang bermain di Popnas XVI, antara lain:

1. Andi Clara (nomor punggung 3), posisi Tekong, siswa kelas 12 SMA Negeri 2 Tobadak, Mamuju Tengah (Mateng).

2. Huriah Ainun (nomor punggung 7), posisi smash, siswa kelas 9 SMP Negeri 3 Tobadak, Mamuju Tengah.

3. Nahira (nomor 6), posisi umpan, siswa kelas 11 SMK Negeri 3 Tapango, Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

4. Rianti (nomor 19), posisi smash, siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Sendana.

5. Hura Wasilah (nomor 2), posisi smash, siswa kelas 10 SMA Negeri 3 Poewali Mandar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *