Gandeng Dua Lembaga Penguji, Dewan Pers Gelar Uji Kompetensi di Sulbar

Mamuju, Pendidikan327 Views

Sulbaronline.com, MAMUJU–Dewan Pers menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Provinsi Sulawesi Barat, yang di laksanakan di Ballroom Hotel d’Maleo Mamuju, Jum’at (1/9/2023).

Dalam UKW ini, Dewan Pers menggandeng dua lembaga penguji, yakni Lembaga Pers Dr. Sutomo (LPDS) dan PT. Aksara Solopos. Terkonfirmasi, 40 wartawan dari Sulbar, Sulteng dan Sulsel, mengikuti uji kompetensi ini untuk jenjang muda dan madya.

Rinciannya, 18 wartawan di uji LPDS, dan 22 wartawan di uji oleh PT. Aksara Solopos. Mereka pun dibagi menjadi beberapa kelas untuk mengikuti rangkaian uji materi UKW.

Anggota Dewan Pers Paulus Tri Agung Kristanto menyampaikan, UKW di Sulbar ini merupakan upaya untuk meggenjot target percepatan sertifikasi bagi wartawan di seluruh Indonesia, baik itu jenjang muda, madya dan utama.

“Ini adalah UKW yang ke 33 dari 34 provinsi yang kita rencanakan tahun ini. Targetnya sih setidaknya 94 persen kompeten semua, tapi perlu di ingat, lembaga penguji tidak serta merta meloloskan, ada poin penilaian yang harus dicapai peserta di tiap mata uji. Terimakasih kepada lembaga uji LPDS dan Aksara Solopos, kepada peserta selamat mengikuti ujian,”terang Paulus Tri Agung Kristanto.

Foto bersama Dewan Pers, tim penguji dan peserta Uji Kompetensi Wartawan di Sulawesi Barat.(foto;ist).
Foto bersama Dewan Pers, Tim Penguji dan Peserta UKW di Sulawesi Barat.(foto:masgim)

Bahkan kata Kristanto, UKW ini diselenggarakan secara gratis dan sepenuhnya di biayai oleh Bappenas. Ia juga mendorong lembaga penguji untuk terus massif berkoolaborasi melaksanakan UKW.

“Jadi ini kesempatan baik bagi teman-teman di Mamuju, apalagi UKW ini gratis. Lewat momentum ini saya harap dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan UKW ini demi kualitas teman-teman pers sendiri dengan medianya, sekali lagi saya harap agar peserta serius mengikuti ujian ini,”pungkasnya.

Untuk diketahui, tim penguji yang bertugas dari LPDS yakni Lestyantia R Baskoro, Kennorton Hutasoit, A.A. Ariwibowo.

Sementara itu tim penguji dari PT. Aksara Solopos yakni Syifaul Arifin, Abu Nadzib, dan Ichwan Prasetyo, menguji wartawan jenjang muda, dan Rini Yustiningsih untuk jenjang madya.(mursyid/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *