Salurkan Bantuan Pagar Sekolah dan Ribuan Beasiswa PIP Aspirasi, Arwan Aras Kunjungi Karossa dan Tobadak

SULBARONLINE.COM, Mateng — Anggota DPR RI Komisi X dapil Sulawesi Barat (Sulbar) H. Arwan M. Aras T, S.Kom kembali menyerahkan bantuan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) aspirasi¬† tahun 2023.

Penyerahan bantuan beasiswa PIP secara simbolis ini dilakukan di dua tempat yang berbeda, yakni di kecamatan Karossa di UPTD SMP Negeri 1 Karossa dan di kecamatan Tobadak dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 2 Tobadak.

Kegiatan ini dihadiri ratusan siswa dan orang tua siswa dari sejumlah perwakilan sekolah yang menerima dana Bantuan PIP Aspirasi 2023 mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK, Selasa (25/7/2023).

Di hari sebelumnya, Senin (24/7/2023) Wakil Rakyat Dapil Sulbar yang akrab dipanggil Arwan Aras ini telah mengunjungi Kecamatan Pangale dan memberikan bantuan berupa hewan ternak, kandang, mesin pencacah pakan ternak, motor roda tiga, hingga alsintan berupa traktor roda empat.

Dirinya juga menyempatkan silaturahmi dengan ratusan perwakilan siswa dan orang tua siswa penerima beasiswa PIP Aspirasi 2023 di SMAN 1 Pangale.

Di hari kedua, Arwan Aras memulai kegiatan di SMP 1 Karossa, Kecamatan Karossa.

Kedatangan Arwan Aras dan rombongan telah ditunggu oleh ratusan perwakikan siswa dan orang tuanya dari berbagai jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA, SMK hingga PKBM se-Kecamatan Karossa.

Setelah kegiatan di Karossa, rombongan bergerak ke SMP 2 Tobadak, Kecamatan Tobadak untuk agenda yang sama, yaitu silaturahmi dengan ratusan perwakilan siswa dan orang tua siswa penerima beasiswa PIP Aspirasi yang telah menunggu dengan antusias serta penyerahan bantuan pagar sekolah.

Menjawab beberapa pertanyaan orang tua siswa tentang beberapa penerima beasiswa PIP Aspirasi yang telah melakukan aktivasi (mencetak buku rekening PIP di bank penyalur) namun saldonya masih kosong, Arwan Aras memberikan beberapa catatan dan informasi kepada orang tua siswa bahwa beasiswa PIP Asprasi darinya terbagi menjadi dua kategori, yaitu kategori SK Pemberian dan SK Nominasi.

SK Pemberian PIP Jalur Aspirasi diberikan kepada siswa yang telah memiliki buku rekening PIP atau dengan kata lain sudah pernah mendapat beasiswa PIP di tahun-tahun sebelumnya.

Siswa yang masuk dalam kategori ini ada sekitar 26.794 siswa se-Sulbar yang telah diusulkan oleh Arwan Aras di tahun 2023 melalui kuota aspirasinya. Penerima beasiswa PIP kategori SK Pemberian ini sudah bisa melakukan pencairan ke bank penyalur karena dana sudah masuk ke rekening sejak Juni 2023.

Sedangkan SK Nominasi Beasiswa PIP Jalur Aspirasi adalah untuk siswa yang baru pertama kali mendapatkan beasiswa PIP sehingga belum punya buku rekening PIP. Mereka harus segera ke Bank yang telah ditunjuk untuk mencetak buku rekening sesuai dengan nomor rekening yang ada di sertifikat penerima beasiswa PIP Bapak Arwan Aras.

Siswa yang masuk dalam kategori ini ada sekitar 26.324 siswa se-Sulbar yang telah diusulkan oleh Arwan Aras di tahun 2023 melalui kuota aspirasinya.

Bagi siswa penerima PIP Aspirasi kategori SK Nominasi, harus segera mencetak buku rekening ke bank dan menunggu sekitar 6 minggu sampai dana masuk ke rekening terhitung sejak buku rekening dicetak di bank.

Sehingga se-Sulbar, total beasiswa yang telah diusulkan oleh Arwan Aras melalui Aspirasi sebagai Anggota Komisi X DPR RI Daerah Pemilihan Sulawesi Barat di tahun 2023 ini mencapai 53.073 siswa, yang terdiri atas 26.794 siswa untuk SK Pemberian dan 26.324 siswa untuk SK Nominasi.

“Bapak dan Ibu sekalian, untuk penerima beasiswa PIP Aspirasi kategori SK Pemberian, itu dananya sudah masuk ke rekening masing-masing siswa sejak bulan Juni 2023, silahkan diurus pencairanya ke bank. Sedangkan untuk yang termasuk dalam SK Nominasi, karena baru pertama kali mendapatkan beasiswa PIP ini, harus segera ke bank mencetak buku rekening terlebih dahulu dan menunggu sekitar 6 minggu untuk proses transfer dana dari Kemendikbudristek ke rekening masing-masing siswa yang telah memiliki buku rekening. Untuk siswa penerima PIP, gunakan dana ini sebaik-baiknya, dan sekolah setinggi-tingginya,” terang Arwan Aras yang juga akrab dengan sapaan ARS ini.

Tahapan proses transfer dana dari Kemendikbudristek ke rekening masing-masing siswa untuk penerima beasiswa PIP Aspirasi kategori SK Nominasi adalah sebagai berikut :

1. Cut Off (pengambilan data) dilakukan pada tanggal terakhir setiap bulan.

2. Seluruh rekening yang diaktivasi (mencetak buku rekening di bank) pada tanggal 1 – 30 Juni akan masuk ke laporan aktivasi dari bank pada bulan berikutnya, yaitu 5 Juli.

3. Integrasi data ke Aplikasi SIPINTAR membutuhkan waktu 1 minggu.

4. Proses penerbitan SK Pemberian, SPP, SPM, SP2D, dan SPPn biasanya sekitar 2 minggu.

5. Pemindahbukuan dana ke rekening siswa berlangsung sekitar 2 minggu.

6. Total waktu 6 Minggu setelah Cut Off.

7. Sehingga dana mulai masuk rekening siswa diperkirakan tanggal 15 sampai 30 Agustus.

“Jadi ilustrasinya adalah, jika aktivasi atau mencetak buku rekening PIP di bulan Juni, maka dananya akan masuk di Bulan Agustus, atau jika mencetak buku rekeningnya di bulan Juli, maka diperkirakan dana akan masuk di rekening pada bulan September,” urai Arwan Aras.

Turut mendampingi Arwan Aras dalam kunjungan ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Mamuju Tengah, Camat Karossa, Camat Tobadak, Kepala-Kepala Desa serta Kepala-Kepala Sekolah yang ada di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mamuju Tengah yang diwakili oleh Kabid Pembinaan SMP, Irwan Ismail menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada H. Arwan Aras selaku Anggota Komisi X DPR RI, karena dengan bantuan yang diberikan diharapkan mampu mendongkrak APS (Angka Partisipasi Sekolah) dan menekan jumlah ATS (Anak Tidak Sekolah) yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah.

“Bantuan beasiswa PIP lewat jalur aspirasi yang sangat massif ini sangat membantu kondisi pendidiakan kita di sini. Selama ini kami mendapatkan bantuan PIP jalur reguler yang jumlahnya sangat terbatas karena harus terintegrasi dengan data DTKS yang ada di Dinsos, tapi dengan adanya PIP Aspirasi ini jangkauan bantuannya lebih jauh dan jumlahnya lebih banyak. Di Mamuju Tengah, data yang terpantau oleh kami, sekitar 15.398 siswa, dan 188 sekolah dari semua jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SMK dan PKBM merasakan bantuan beasiswa aspirasi Bapak Arwan Aras,” jelas Irwan Ismail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *