Salurkan 7.760 Beassiwa PIP Aspirasi di Mamuju, Arwan Aras : Dedikasi dan Kado Hari Jadi Mamuju Ke 483

Mamuju, Pendidikan241 Views

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Anggota Komisi X DPR RI H. Arwan M Aras T, S.Kom kembali menyalurkan bantuan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Aspirasi tahun 2023 di beberapa sekolah di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Dari data yang masuk melalui laman ini sebanyak 7760 siswa mendapat beasiswa PIP Aspirasi Arwan Aras yang terdiri atas SK Pemberian sejumlah 3.537 siswa dan SK nominasi sejumlah 4223 siswa yang tersebar di 154 sekolah se Kabupaten Mamuju dari Semua tingakatan, SD, SMP, SMA, SMK Negeri dan Swasta.

Sejumlah sekolah yang mendapat bantuan beasiswa PIP Aspirasi dari Arwan Aras di antaranya SMAN 1 Bonehau sejumlah 70 siswa, SMAN 2 Kalukku sejumlah 304 siswa, SMK 1 Mamuju sejumlah 482 siswa, SMP 2 Mamuju sejumlah 191 siswa, SMKN Papalang sejumlah 349 siswa, SMAN 1 Papalang 154 siswa, SMAN 1 Sampaga sejumlah 81 siswa, SMKN 1 Rangas sejumlah 271 siswa, SMAN 1 Tommo sejumlah 116 siswa, SMKN 1 Tommo sejumlah 87 siswa serta sejumlah sekolah lainnya ditingkat SD, SMP dan SLB yang ada di Mamuju.

Bantuan dari Arwan Aras juga menyentuh masyarakat yang ada di Kecamatan Kepulauan Bala-Balakang yang ada di Mamuju.

Arwan Aras berharap pendistribusian bantuan beasiwa PIP ini juga menjadi kado di hari jadi Mamuju yang ke 483 yang diperingati setiap tanggal 14 Juli.

Di setiap pertambahan usia setiap daerah diharapkan terus ada peningkatan prestasi di semua sektor termasuk peningkatan kualitas Pendidikan.

“Momentum pendistribusian beasiswa PIP Aspirasi 2023 ini kami dedikasikan untuk peningkatan kualitas pendidikan generasi muda Mamuju sekaligus kado ulang tahun di Hari Jadi Mamuju ke 483 ini. Selamat Hari Jadi Hari Jadi Mamuju ke 483 tahun,” ucap Arwan Aras, yang juga merupakan wakil rakyat dari daerah pemilihan Sulbar dan peraih suara terbanyak ini, Jumat (14/7/2023).

Melalui program beasiswa pendidikan tersebut, tentu mendapat apresiasi dari sejumlah orang tua siswa di tengah kondisi ekonomi yang saat ini lagi sulit serta tingginya kebutuhan biaya pendidikan yang biasanya harus ditanggung orang tua siswa di awal-awal tahun ajaran baru.


Suharjono, salah satu orang tua siswa SMK Negeri 1 Tommo mengaku sangat bersyukur atas adanya beasiswa Program Indonesia Pintar Aspirasi tahun 2023 yang difasilitasi oleh Arwan Aras.

“Tentunya saya sangat bersyukur dan berterima kakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak H. Arwan Aras, karena melalui buah fikiran dan tangan baik beliau sehinggga anak kami bisa mendapatkan beasiswa ini,” kata Suharjono pada Kamis (13/7/2023).

Suharjono menambahkan, bahwa ini merupakan anugerah buat keluarga kami di tengah keadaan ekonomi yang serba pas-pasan, dan dari beasiswa ini anaknya bisa membeli perlengkapan sekolah yang layak dan tentu program ini sangat membantu meringankan beban mereka keluarga yang serba kekurangan.

Suharjono menitip harapan kepada Arwan untuk terus memberikan perhatian kepada masyarakat pada sektor pendidikan.

”Kami menitipkan harapan dan do’a kepada bapak H.Arwan Aras untuk terus memberikan perhatian kepada Masyarakat kurang mampu khususnya di dunia Pendidikan, dan semoga senantiasa diberikan kesehatan, panjang umur, bahagia dan semakin sukses meraih apa yang dicita-citakan,” harap Suharjono.

Terpisah, Nurhayati yang merupakan ibu dari Ade Putra Ari Irawan, siswa SMK Negeri 1 Papalang, Kabupaten Mamuju juga merasa bersyukur atas hadirnya Program Indonesia Pintar (PIP) ini.

“Syukur Alhamdulillah dan terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada Bapak H. Arwan, karena ini pertama kalinya anak saya bisa mengdapatkan bea siswa,” ucap Nurhayati.

Dia mengaku bahwa, anaknya sudah berulang kali meminta untuk dibelikan sepatu, hanya saja karena keterbatasan sehingga dia belum bisa memenuhi permintaan anaknya.

“Anak saya sudah berulang kali meminta untuk dibelikan sepatu sekolah karena sepatunya sudah robek, namun saya belum bisa membelikan karena belum punya uang,” ungkap Nurhayati.

Namun, melalui bea siswa PIP ini dirinya merasa sangat terbantu dan berharap mudah – mudahan bisa terus berlanjut, karena ini sangat berarti untuk kekuarganya yang hidup serba kekurangan.

“Untuk pak Arwan Aras, saya tentu akan berdoa semoga tetap diberikan kesehatan dan semakin sukses agar bisa selalu bermanfaat untuk orang lain,” kunci Nurhayat.

Siswa SMK Swasta Komputer Tiwik Rama, Wina Wulan juga mengungkapkan rasa terima kasih karena telah mendapat beasiswa PIP.

“Saya Wina Wulan dari kelas XI SMKS Komputer Mamuju ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak H. Arwan Aras atas bantuan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Aspirasi 2023, bantuan ini akan saya gunakan untuk membeli perlengkapan sekolah,” ungkap Wina Wulan.

Dalam penyaluran beasiswa PIP Aspirasi tersebut, Arwan Aras juga meluncurkan Sertifikat Beasiswa PIP 2023 untuk seluruh siswa yang diusulkan melalui aspirasinya yang berisi informasi tentang Nama Siswa, NISN, Nama Sekolah, Kecamatan, Nama Orang Tua, Nominal Bantuan, Virtual Account, Nomor Rekening, dan SK Penerima PIP dari Kemendikbudristek RI.

Data-data tersebut yang menjadi bukti bahwa siswa yang bersangkutan memperoleh beasiswa PIP Jalur Aspirasi dan selanjutnya dapat melaporkan kepada pihak sekolah masing-masing untuk dibuatkan surat pengantar (surat rekomendasi) pencairan beasiswa PIP ke Bank Penyalur.

Bantuan beasiswa PIP Jalur Aspirasi tahun 2023 langsung diterima siswa melalui rekening masing-masing. Adapun nilai bantuan untuk jenjang SD sebesar Rp. 450 ribu, SMP Rp. 750 ribu, dan SMA/SMK Rp. 1 juta. Sedangkan untuk kelas akhir yaitu kelas 6 SD, Kelas 3 SMP, dan Kelas XII SMA/SMK masing-masing hanya menerima 50% dari bantuan beasiswa PIP tersebut sebab terhitung di bulan Juni 2023, mereka sudah tamat sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *