Kebangkitan dan Target Ambisius Timnas Indonesia yang Bikin Negara Asean Takut

SULBARONLINE.COM, Sepak Bola – Tekad ambisius Timnas Indonesia untuk lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026 membuat negara tetangga sekitar Asean memperbincangkan kebangkitannya.

Pemberitaan Media negara tetangga mulai berisik dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Seperti dikutip dari Okezone, Erick Tohir menggangapnya sebagai kabar baik, sebab hal itu bentuk kekhawatiran kemajuan Sepak Bola Indonesia.

Erick Tohir mengatakan itu sesuatu yang wajar, pantauan yang terus dilajukan Media negara Asean, yakni Thailand, Vietnam, dan Malaysia mengupdate progres Timnas Indonesia yang begitu signifikan.

Laga Fifa Matchday melawan Argentina beberapa waktu lalu menjadi sorotan, hingga obrolan kesuksesan Indonesia dan dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Apalagi, Skuad Garuda berhasil keluar sebagai juara SEA Games 2023 Kamboja.

“Lihat dong media negara tetangga sudah berisik banget sekarang, Artinya apa? Takut, Alhamdulillah, yang tadinya dicuekin sekarang takut,” kata Erick Thohir, kepada awak media Indonesia, Kamis (6/7/2023).

Mimpi ini memang sulit digapai, tetapi bagi Erick Tohir mimpi itu tak ada salahnya berekpektasi yang lebih. PSSI yang menjadi pusat manajemen Sepak Bola Indonesia, kerap melakukan manuver yang memiliki tujuan meningkatkan kualitas Timnas Indonesia kedepan.

Tak hanya itu, mulai dari pembinaan sampai skema pembenahan kompetisi sepak bola tak luput jadi perhatian Erick Tohir.

Target ambisius mewakili Asia Tenggara event olahraga di ajang Piala Dunia 2026 bukanlah sekedar mimpi semata, tetapi dibuktikan dengan langkah konkret dilakukan Erick Tohir.

Indonesia saat ini memang berada dalam tabel peringkat Fifa hampir menyentuh posisi terbawah. Peringkat 150 dunia, perjuangan itu harus dimulai dalam babak awal menuju Piala Dunia di tiga tahun mendatang.

Erick Tohir juga tak bergeming, tak juga mempersoalkan hal itu. Namun, justru dirinya menganggap sebagai pemantik semangat untuk berbicara jauh, dengan menjadi peserta Kualifikasi Piala Dunia.

“Nanti Kualifikasi Piala Dunia, mau menang apa mau kalah? Ya mau menang, Kualifikasi Piala Dunia dunia ini buat 2026, mau lolos gak? Mau, mudah gak? Enggak mudah gitu. Tapi kan sekarang ada potensi, 8 setengah negara Asia, kan lumayan, walaupun ranking 150 FIFA tapi boleh dong ada harapan,” kuncinya.

Disadur ulang dari Okezonebola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *