Komisi X DPR RI & BSKAP Kemendibudristek Sosialisasikan SIBI di Sulbar

SULBARONLINE.COM, Mamuju–Komisi X DPR RI bekerjasama dengan Pusat Perbukuan Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemendikbudristek RI, menggelar sosialisasi Sistem Informasi Perbukuan Indonesia (SIBI) yang digelar Pusat Perbukuan Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), di Aula Hotel d’Maleo Mamuju, Sabtu (24/6/2023).

Kegiatan sosialisasi ini melibatkan ratusan perserta dari unsur tenaga pendidik, dinas terkait, komunitas literasi dan sejumlah mahasiswa. Turut pula hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat Mitthar Thala Ali, serta Tenaga Ahli Pusat Perbukuan Kemedikbudristek, Wijanarko Adi Nugroho yang bertindak sebagai narasumber.

Kegiatan ini dibuka langsung Anggota Komisi X DPR RI Ratih Megasari Singkarru. Dalam sambutannya Ratih menyampaikan, SIBI sebagai platform digital pemberi informasi bagi pelaku perbukuan, sangat penting disosialisasikan. Sebab, di Sulbar sendiri kata Ratih, SIBI belum dikenal secara luas, padahal pengembangan sistem ini diharapkan menjadi suatu terobosan untuk meningkatkan literasi.

“Intinya melalui sosialisasi SIBI ini bagaimana kita bisa turut mengedukasi sebagai upaya meningkatkan literasi anak-anak kita di Sulbar dan memang banyak yang belum tahu SIBI ini, karena kemarin sempat terstop karena pandemi, nah kali ini kita galakkan lagi dengan Kemendikbudristek sebagai mitra kerja saya di komisi sepuluh,”terangnya.

Lewat SIBI tambah Ratih, nantinya akan mampu membantu semua stakholder agar dapat berperan aktif dalam upaya meningkatkan literasi di Sulbar, terkhusus dimulai dari tingkatan pendidikan anak usia dini.

“SIBI ini juga ternyata membuka ruang untuk semua penulis dari berbagai macam genre agar bisa terfasilitasi untuk mempublikasikan karyanya.Tadi  juga kita usulkan untuk spot yang tidak bisa mengakses, kita bisa melibatkan para pendongeng untuk peningkatan literasi anak usia dini. Jadi harapan saya juga, pemerintah tolong libatkan komunitas literasi, di Mamuju ini kan sangat banyak, buka ruang untuk mereka sebagai upaya kita meningkatkan budaya literasi di Sulbar,”terang Ratih.

Anggota Komisi X saat berfoto bersama dengan Peserta Sosialiasi SIBI. (Foto:sulbaronline.com).

Ditempat yang sama, Tenaga Ahli Pusat Perbukuan Kemedikbudristek, Wijanarko Adi Nugroho menjelaskan, platform digital Sistem Informasi Perbukuan Indonesia (SIBI), mulai diluncurkan oleh Pusat Perbukuan Badan Standar Kurikulum dan Assesment Pendidikan tahun 2019 lalu.

Kata dia, SIBI telah menyediakan berbagai fitur yang memudahkan siswa dan guru untuk mengakses buku teks maupun buku nonteks pelajaran melalui laman https://buku.kemdikbud.go.id/

“Didalamnya itu terdapat beberapa katalog perbukuan, informasi kebijakan perbukuan, pembinaan pelaku perbukuan hingga seputar perbukuan nasional. Kita ada buku teks dan yang nonteks, yang bisa dibaca dan didownload,”terang Wijanarko.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulbar, Mitthar Thala Ali,  siap memberi dukungan penuh untuk sosialisasi SIBI di Sulbar. Mitthar juga menyampaikan apresiasi kepada Anggota DPR RI asal Sulbar, Ratih Megasari Singkarru, yang telah mengupayakan sosialisasi SIBI ini dapat dilaksanakan di Sulbar.

“Dalam kesempatan ini tentunya juga kita berterimakasih kepada ibu ratih dan pihak kemendikbudristek yang telah membersamai kita dalam kegiatan ini, beliau (Ratih red.) sangat-sangat intens bukan hanya di Mamuju tapi seluruh kabupaten di Sulbar, beliau memberikan informasi dan memberikan kemudahan dan dukungan penuh untuk kemajuan pendidikan di Sulbar,”kunci Mitthar.(*/Mursyid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *