Vakum Hampir 5 Tahun, Disparbud Mamuju Bakal Gelar Pemilihan Keke Muane-Keke Baine 2023

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Setelah vakum hampir 5 tahun lamanya terhitung sejak 2018 lalu, pemilihan Keke Muane Keke Baine, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Mamuju tahun 2023 bakal kembali menggelar ajang putra-putri terbaik di daerah ini.

Kepala Bidang Seni dan Budaya Disparbud Mamuju, Marwan Haruna mengatakan penyelenggaraan keke muane-keke baine bakal digelar sebelum hari jadi Mamuju tanggal 14 Juli 2023 mendatang.

“Pelaksanaan keke muane-keke baine sebelum hari jadi Mamuju, mungkin dua hari sebelumnya,” kata Marwan saat dikonfirmasi, Senin (8/5/23).

Disparbud Mamuju akan menyeleksi setiap perwakilan kecamatan, selanjutnya akan mempertemukan 22 finalis terdiri 11 orang putra, dan 11 orang putri, dimana setiap kecamatan diwakili dua orang dari 11 kecamatan di Kabupaten Mamuju.

Marwan menjelaskan, setelah terpilih mereka akan melalui masa karantina. Dalam proses karantina tersebut, mereka akan diuji secara mental dan wawasan, materi lokal 70 persen dan pengetahuan umum 30 persen.

“Karantina proses pembinaan dari berbagai aspek, etika, pengetahuan kebudayaan, utamanya sejarah dan banyak hal lagi,” ungkapnya.

Setelah dua tahap itu dilalui, mereka akan berkompetisi. Pada proses ini, akan menyisakan 3 pasangan putra dan putri sebagai pemenang.

“Malam grand final itu puncaknya, siapa yang terpilih menjadi duta pariwisata, memperkenalkan Mamuju, yang secara pengetahuan sudah mengenal daerahnya,  melakukan kegiatan promosi, potensi kearifan lokal Mamuju,” tutup Marwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *