Buka Muscab ke-IV APDESI, Ini Pesan Bupati Pasangkayu

Pasangkayu212 Views

SULBARONLINE.COM, Pasangkayu — Bupati Pasangkayu, H. Yaumil Ambo Djiwa, secara resmi membuka Musyawarah Cabang (Muscab) ke-IV Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) DPC Pasangkayu, Sabtu (21/1/23).

Muscab bertema “Dengan APDESI Kita Tingkatkan Solidaritas dan Menyamakan Persepsi Membangun Pasangkayu Dari Desa” ini digelar di hotel Mutiara, kelurahan Pasangkayu, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu.

Hadir Ketum DPD APDESI Provinsi Sulbar, Wardin Wahid, Wakapolres Pasangkayu, Kompol Eduard Steffry Allan Telussa, perwakilanKodim 1427 Pasangkayu, Letda Inf. Baso Etong, Plt. Ketua DPC APDESI Pasangkayu, Nurdin M, Kepala DPMD, Irfan Rusli Sadek, para Kepala Desa serta pejabat lainnya.

Ketua Umum APDESI DPD Sulbar, Wardin Wahid, dalam sambutanya mengatakan, sebagai ujung tombak lokomotif pemerintahan, Kepala Desa harus mampu bersinergi dengan pemerintah daerah, demi terwujudnya pembangunan yang merata dan sejahtera.

Selain itu, kata Wardin Wahid, diharapkan para Kepala Desa dapat membangun komunikasi intens dengan Kejari, Polres maupun Inspektorat, dengan harapan mendapat bimbingan terkait pengelolaan anggaran desa yang baik dan benar, sehingga kedepan aparat pemerintah desa tidak lagi tersangkut persoalan hukum.

“Mari kita fahami dengan benar tentang penggunaan maupun pengelolaan anggaran desa, sehingga kedepan selamat dan tidak lagi menjadi bulan-bulanan oleh pemeriksa, ajaknya.

Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa mengatakan, Muscab APDESI tahun 2023 merupakan wadah pemersatu pemerintah desa untuk menyatukan visi mewujudkan pemerintahan desa yang kuat serta meningkatkan pemberdayaan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Pada Muscab ini saya menaruh harapan besar bahwa organisasi ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi pemerintah desa, sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa berkualitas, berintegritas, demokratis dan harmonis serta mengharapkan kinerja kepala desa dapat terukur dan bersama-sama melanjutkan pembangunan kabupaten Pasangkayu yang sejahtera, maju dan bermartabat berlandaskan keberagaman,” harap Yaumil.

Menurutnya, meski Kepala Desa dipilih langsung oleh masyarakat, namun harus tetap bekerja sama dan bersinergi dengan instansi terkait, serta mendukung seluruh kebijakan kepala daerah, demi tercapainya pembanguan yang adil, merata dan sejahtera.

Selain itu, tambah Yaumil, Ketua dan pengurus DPC terpilih harus memiliki misi memajukan desa melalui berbagai aksi nyata, termasuk menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah dalam rangka percepatan pemberdayaan dan pembangunan desa.

Yaumil meminta, pengurus APDESI DPC Pasangkayu juga mampu memfasilitasi dan meningkatkan kualitas SDM Aparat Desa, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat.

“Saya mengajak seluruh Kepala Desa senantiasa mengikuti perkembangan informasi dan teknologi digital serta peraturan perundang-undangan tentang desa, agar dalam setiap pengambilan kebijakan dapat dipertanggung jawabkan dengan baik dan benar,” tutup Yaumil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *