Anggota DPRD Sulbar Ini Gabung Banser NU

SULBARONLINE.COM, Polman — Anggota DPRD Sulbar Risbar Berlian Bachri resmi menjadi Anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU, usai mengikuti rangkaian Diklat Terpadu Dasar (DTD) yang ke-X.

Kegiatan DTD yanh digelar Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Polman itu, dipusatkan di Desa Dakka, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polman mulai Jumat -Minggu, 13 – 15 Januari 2023.

Bergabungnya legislator muda Sulbar itu, turut dibenarkan oleh Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Polman, Sudianto.

“Ansor merupakan organisasi yang terbuka, sehingga siapapun termasuk Risbar, bisa menjadi anggota Ansor Banser, dengan syarat mengikuti proses yang ada,” ucap Sudianto.

Secara teknis, menurutnya agenda DTD itu terbuka secara umum, mulai dari proses screening peserta sampai akhir yakni pembaiatan.

“Ketika peserta sejalan visinya dengan kami dan siap mengikuti proses yang ada maka tentu Ansor dengan terbuka menerima siapupun anak muda yang ingin bergabung,” ujar mantan Aktivis PMII Polman itu.

Kata Sudi, berbagai latar belakang profesi ikut menjadi peserta pada DTD ke -X ini. di antaranya Kepala Desa (Kades), Anggota DPRD, Dosen, petani, guru, pendamping PKH hingga penyelenggara Pemilu.

“GP Ansor tidak pernah mengajak secara khusus kepada siapapun untuk begabung, Risbar dan para peserta lainnya tentu punya inisiatif sendiri untuk begabung dengan Ansor Banser,” terangnya.

Dia menjelaskan bahwa siapapun bisa ikut kaderisasi di Ansor, khususnya DTD, karena secara tehknis sebelum menjadi peserta ada tim screening, yang melakukan proses seleksi dengan melihat rekam jejak dan niat calon peserta, sehingga bergabung menjadi anggota Ansor Banser NU.

“Selama kesimpulan tim screening baik-baik saja, maka tentu akan kami terima,” tuturnya.

Sementara itu, Risbar Berlian, mengaku menjadi Anggota Banser NU merupakan sutu kehormatan. Apalagi, dalam mendapatkannya harus melalui proses DTD sebelum dibaiat secara resmi.

“Suatu kehormatan yang tak terhingga buat saya karena sudah mampu melalui DTD dan resmi menjadi keluarga besar Ansor Banser,” ungkap Risbar.

“Selama tiga hari, kami menerima materi diantaranya tekait NU, Ansor, BAnser, Aswaja serta materi outdoor yang melatih fisik dan mental kami sebagai kader kedepannya,” sambungnya.

Lebih lanjut Politisi Partai NasDem itu, menilai GP Ansor merupakan organisasi yang komitmen menjaga keutuhan NKRI, terdepan merawat keberagaman, mendakwahkan Islam yang rahma dan berani melawan radikalisme.

“Ucapan terima kasih saya ucapkan kepada tim pelatih Banser yang dengan sabar dan militan membersamai kami selama tiga hari ini. Insya Allah, kedepan kami juga bisa mengabdi kepada masyarakat bersama dengan keluarga besar Ansor Banser,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *