Wabup Mamuju : KTT G20 Langkah Awal Kebangkitan Ekonomi Nasional

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Wakil Bupati Mamuju Ado Mas’ud mengaku ikut mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group Of Twenty (G20) di Bali yang akan berlangsung 15-16 November 2022.

Ado menyebut bahwa momentum G20 di Bali adalah langkah awal untuk kebangkitan ekonomi nasional.

“Sebagai Wakil Bupati kita tentu mendukung G20 di Bali. Terpilihnya Indonesia sebagai Ketua G20 ini tentu menjadi kesempatan yang baik untuk kebangkitan ekonomi nasional kita setelah dilanda Pandemi Covid-19,” kata Ado saat dihubungi via Telepon, Minggu (13/11/22).

Kerua DPC Partai Demokrasi Indonesja (PDI) Perjuangan itu pun mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan KTT G20 ini.

“Kita support Pemerintah Indonesia, dalam hal ini yang memiliki peran besar di G20. Karena saya yakin ini memberikan pengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional kita,” ujarnya.

Dia pun meyakini, bahwa momentum KTT G20 ini akan membawa perubahan signifikan untuk Indonesia dan dunia, dan akan berimbas terhadap pertumbuhan ekonomi pada seluruh daerah di Indonesia.

“Termasuk kita di Mamuju dan Sulbar secara umum, pasti akan dapat imbasnya. Utamanya di sektor ekonomi dan sektor-sektor pembangunan lainnya,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, G20 adalah forum multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara maju dan berkembang di dunia.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ini akan berlangaung mulai besok, Selasa hingga Rabu, 15-16 November 2022 di Bali. Acara ini akan dihadiri oleh delegasi dari masing-masing anggota G20.

Daftar negara dan lembaga anggota G20 adalah Amerika Serikat (AS), Australia, Argentina, Brasil, China, Kanada, Uni Eropa, Jerman, Perancis, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Arab Saudi, Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turkiye, dan Inggris.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan beberapa pemimpin dunia lainnya sudah dikonfirmasi akan hadir di Bali.

Konferensi ini merupakan momentum besar bertemunya sejumlah pemimpin dunia, karena anggotanya merepresentasikan lebih dari dua per tiga penduduk dunia, KTT G20 menjadi salah satu forum internasional paling berpengaruh di dunia.

Berbeda dari tahun sebelumnya dalam konferensi yang mengangkat Tema “Recover Together, Recover Stronger” (Pulih Bersama, Pulih dengan Lebih Kuat), Indonesia sebagai tuan rumah ingin mengajak seluruh dunia untuk saling bahu-membahu dan mendukung pemulih bersama.

Hingga ekonomi dunia dapat tumbuh lebih kuat serta berkelanjutan, khususnya dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang beberapa tahun terakhir membawa pukulan bagi dunia. (Advertorial).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *