by

Kadinsos Mateng Tinjau Lokasi Banjir dan Bantu Warga

SULBARONLINE.COM, Mateng — Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Hj. Nirwanasari Aras melakukan kunjungan ke sejumlah titik atau lokasi banjir di Mateng, Selasa (10/05/22).

Sejumlah lokasi banjir yang dikunjungi seperti di Desa Pangalloang dan Budong-budong, Kecamatan Topoyo.

Selain Kadinsos Mateng, juga turut dalam peninjauan ini, Kapolres Mamuju Tengah, AKBP Amri Yudhy Syamsualam Rama Wispha, Kepala BPBD Mateng Bahtiar, Kasat Lantas dan Kasat Shabara Polres Mateng, tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan tim kesehatan dari Dinkes Mateng.

Kepada SULBARONLINE.COM, Kepala Dinas Sosial Mateng, Hj. Nirwanasari Aras mengatakan, pihaknya melakukan pemantauan lokasi banjir untuk memastikan kondisi warga dalam keadaan baik-baik saja.

“Tentu kita sangat prihatin atas kondisi ini. Dan kita salurkan bantuan darurat lebih dulu, yaitu makanan siap saji seperti nasi kotak, biskuit dan lain-lain. Saya berharap warga tetap bersabar,” ucap Nirwana.

Seperti diketahui, sejumlah Desa di Mamuju Tengah, yaitu desa Pangalloang dan Desa Budong-budong, Kecamatan Topoyo, terendam banjir, Selasa (10/5/2022).

Banjir ini terjadi akibat hujan deras selama berjam-jam mengguyur wilayah Mateng yang menyebabkan meluapnya Suangai Budong-budong. Ketinggian banjir sekira paha orang dewasa.

Sedikitnya, sebanyak 630 jiwa warga mengalami dampak dari banjir ini. Bahkan, 100 hektar lebih lahan pertanian sawit ikut terendam banjir.

Sementara itu, Kapolres Mateng AKBP Amri Yudhy Syamsualam Rama Wispha mengatakan peninjauan lokasi banjir ini dilakukan secara bersama-sama.

“Dinsos Mateng sudah memberikan bantuan kepada warga yang diisolasi di kampung-kampung karena belum bisa keluar dari rumahnya masing-masing, dan BPBD juga telah membantu peralatan-peralatan untuk mengevakuasi warga,” kata Kapolres.

Amri menyebut, banjir kali ini terjadi akibat dari meluapnya sungai Budong-budong. Hingga saat ini, pihak kepolisian juga memastikan tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut.

“Kita berharap cuaca ekstrim segera berakhir, banjirnya cepat surut dan warga bisa dapat beraktivitas kembali,” harap Kaolres.

Laporan: Ashari Rauf

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed