by

Belajar dari si Penipu Paling Terkenal dalam Sejarah

Oleh: Sri Erna Sugita (Mahasiswi Prodi/Univ: Ilmu Komunikasi / UIN Alauddin Makassar)

OPINI — Buku Catch Me If You Can adalah buku yang bercerita tentang bagaimana Frank Abagnale, salah seorang penipu paling terkenal dalam sejarah, memalsukan lebih dari delapan identitas, beberapa profesi, dan menguangkan cek palsu lebih dari 2,5 juta dollar amerika di tahun 1960-an, hingga akhirnya polisi menangkapnya di usia 21 tahun.

Kenapa ada orang menjadi penipu sejak usia muda 16 tahun? Tentu, Frank Abagnale sebuah kasus yang ekstrem, tapi bagaimana bisa dia berakhir dengan “pilihan karir” ini? Ada banyak pelajaran yang dapat dipelajari dari kehidupannya

Pelajaran 1: Jangan biarkan sebuah cara menjadi pilihan akhir.

Ketika tumbuh dewasa, ayah Frank memiliki bisnis yang sukses, dan akan selalu diam-diam memberikan Frank uang tambahan. Ia bahkan memberikannya sebuah kartu kredit dan sebuah mobil yang keren. Namun, karena tidak memperoleh semua ini dari dirinya sendiri, Frank tidak tahu betapa keras ayahnya bekerja untuk semua hal ini.

Tentu saja, dia melakukan satu-satunya hal yang dia tahu: mengambil jalan pintas. Awalnya menarik sebagian besar kartu kreditnya, memeriksa dan melakukan penipuan untuk mengesankan wanita, pada titik tertentu dia mengubah cara ini menjadi pilihan akhir.

Tapi tidak ada cara yang berfungsi selamanya, jadi ketika kamu mendefinisikan diri kamu sepenuhnya dengan satu cara yang biasa kamu lakukan, itu hanya masalah waktu sampai kamu akan mengalami masalah secara serius.

Pelajaran 2: Berbohong itu melelahkan, karena kamu harus mempertahankan semua yang kamu katakan.

Polisi nasional dan internasional perlu waktu lima tahun untuk menangkap Frank, karena dia sangat pandai dalam satu hal: berbohong. Akan tetapi, semakin lama kamu berbohong, semakin besar dasar pernyataan palsu dan menjadi lebih sulit untuk dipertahankan.

Ketika kamu berbicara kebenaran, itu masihlah kebenaran lima tahun kemudian, jadi jika orang lain bertanya hal yang sama, kamu tidak perlu memikirkan kembali apa yang telah kamu katakan pada awalnya. Sebuah jaring kebohongan tumbuh dengan cepat, yang membuatnya hampir tak terhindar untuk terjerat di dalamnya sendiri suatu hari nanti.

Pelajaran 3: Terkadang keterampilan yang salah dapat menuntun kamu ke jalan yang benar, jadi jangan merendahkan apa pun yang telah kamu pelajari.

Setelah ditangkap di Perancis pada tahun 1969, Frank mula-mula menjalani hukuman enam bulan penjara, kemudian enam bulan lagi di Swedia, sebelum diekstradisi ke Amerika Serikat dan dijatuhi 12 tahun lagi. Akan tetapi, ia menghabiskan hanya lima dari mereka di penjara, dan kemudian diberikan pembebasan bersyarat sebagai imbalan untuk bekerja sama dengan FBI guna membantu mengidentifikasi kejahatan yang melibatkan penipuan dan pemalsuan.

Ketika dia dibebaskan, dia mencoba beberapa pekerjaan “nyata”, tetapi dipecat dari semuanya begitu mereka mengetahui siapa dia sebenarnya. Akhirnya, ia memanfaatkan kemampuan terbaiknya dan mulai membantu bank mengidentifikasi cek palsu.

Perusahaannya, Abagnale & Associates telah melakukannya sekarang selama lebih dari 40 tahun, dan ia terus mengajar di FBI hingga hari ini.
Saya tidak mengatakan kamu harus belajar bagaimana memalsukan cek, tetapi ini hanya menunjukkan bahwa kamu tidak pernah tahu keahlian apa yang mungkin akan berguna untukmu. Jadi jangan menrendahkan apapun yang telah kamu lakukan, pelajari atau alami dalam kehidupanmu.

Saya akan menyarankan buku ini kepada calon mahasiswa baru yang berusia 18 tahun, yang tidak tahu apa yang dia ingin lakukan di dalam hidupnya, dan akan memilih jurusan yang “menghasilkan banyak uang”; Bujangan yang berusia 35 tahun, yang melupakan setengah dari janji yang dia buat kepada para wanita dalam hidupnya; Dan siapapun yang berpikir mereka memiliki keterampilan yang benar benar dan sama sekali tidak berguna.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed