by

HUT PMI ke-76, Enny Beberkan Capaian PMI Sulbar

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Palang Merah Indonesia (PMI) Sulbar memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) PMI Ke- 76, Jumat (17/9/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan secara sederhana di Markas PMI kompleks Rumah Sakit Rehional Sulbar ini mengusung tema “Bergerak Bersama, Untuk Sesama”.

Hadir langsung Sekretasi Provinsi Sulbar Muhammad Idris, Ketua PMI Sulbar, Hj. Enny Anggraeni Anwar, perwakilan Korem 142 Tatag, sejumlah Kepala OPD dan pengurus PMI Sulbar.

Ketua PMI Sulbar Hj. Enny Anggraeni Anwar menguraikan sejumlah torehan dan kerja-kerja PMI yang terukur selama ini, utamanya di masa pandemi Covid-19 dan pasca bencana gempabumi yang melanda Sulbar 15 Januari lalu.

“Alhamdulillah, kami di PMI Sulbar terus bekerja. Apalagi di masa pasca bencana kemarin. Kami telah mendistribusi bantuan, dan telah menjangkau di 2 Kabupaten, 9 Kecamatan, 51 desa, 393 titik lokasi dengan jumlah barang item terdistribusi sebanyak 11.507 item untuk 86.986 KK atau 224.156 jiwa,” kata Enny.

Untuk pelayanan kesehatan, kata Enny, juga dilakukan PMI Sukbar berupa bantuan kesehatan keliling, bantuan medis dan ambulance rujukan.

“Dan jangkauan pelayanan kesehatan PMI telah menjangkau di 2 Kabupaten, 7 Kecamatan, 49 Desa, di 342 Lokasi dengan total pasien 6.262 jiwa. PMI juga melakukan promosi Kesehatan kepada masyarakat, dengan pesan kunci bagaimana menjaga kesehatan selama di lokasi pengungsian dan juga agar masyarakat melaksanakan protokol kesehatan dengan penerapan 3M selama di lokasi pengungsian ataupun ketika kembali ke rumah. Menjangkau di 2 Kabupaten, 7 Kecamatan, 40 Desa dan 112 Lokasi dengan total penerima manfaat adalah 14.358 Jiwa,” urainya.

Selain itu, tambah Enny, PMI juga memberikan dukungan Psikososial, dimana relawan PMI melakukan dukungan psikososial untuk warga yang terdampak.

“Sampai dengan periode ini, PMI telah menjangkau 2 Kabupaten, 7 kecamatan, 39 desa, dan 112 lokasi dengan 4.208 jiwa penerima manfaat untuk para penyintas dan 267 Relawan sebagai penerima manfaat kgiatan dukungan psikososial ini,” paparnya.

Kemudian, untuk bantuan air dan sanitasi, PMI bekerja sama dengan PDAM Kabupaten Mamuju dalam mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, PMI juga melakukan pembangunan latrin yaitu kamar mandi 20 unit serta jamban 21 unit dan pipanisasi 6 titik sumber mata air.

“PMI telah menjangkau 2 Kabupaten, 8 Kecamatan, 36 desa, 1.245 lokasi dengan jumlah 3.661.305 liter air bersih shelter. PMI juga menyediakan layanan shelter bagi masyarakat berupa pendirian tenda darurat, pembersihan lokasi lingkungan dan juga pembangunan masjid darurat, sampai dengan periode ini layanan shelter PMI telah menjangkau 2 Kabupaten, 6 kecamatan, 19 desa, 127 titik lokasi dengan total penerima manfaat adalah 1.645 jiwa,” jelasnta.

Tak hanya itu, PMI juga menyalurkan Bantuan Non Tunai (BNT). Bantuan tersebut dilaksanakan di periode bulan Juni dengan target 2.000 keluarga di 2 kabupaten. Dalam pelaksanaanya, bantuan non tunai PMI telah menjangkau 2.000 kelaurga yang tersebar di 4 Kecamatan di Mamuju dan Majene.

“Kegiatan Bantuan Non Tunai dalam pelaksanaannya PMI bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia dalam mendistribusikan ke seluruh penerima manfaat,”

PMI Sulbar, lanjut Wakil Gubernur Sulbar itu mengaku telah mengolah dana sekitar Rp 9,5 miliar untuk penanganan pasca gempa.

“Dan alhamdulillah sudah terlaksana, serta terbagi keseluruhannya kepada yang benar-benar harus menerima bantuan,” ungkapnya.

Mengenai vaksin Covid-19, Enny mengungkapkan, Sulbar akan mendapatkan bantuan vaksin sebanyak 25 ribu dosis.

“Vaksinasi harus dilakukan oleh Vaksinator. Tenaga Vaksinator yang ada di Sulbar sangat kurang. Oleh karena itu, PMI Sulbar juga mendapatkan pelatihan Vaksinator untuk melakukan Vaksin. Pelatihan Vaksinator akan dilaksanakan pada 21-22 September 2021 dan bersertifikat dari Kementerian Kesehatan,” sebut Enny.

Istri mantan Gubernur Sulbar dua periode, H. Anwar Adnan Saleh itu menyatakan, PMI Sulbar akan menyalurkan langsung Vaksinator ke kabupaten untuk melakukan vaksin.

“Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan TNI-Polri, PMI Sulbar akan turun langsung melaksanakan vaksinasi terkhusus kepada lansia dan anak-anak sekolah,” tutupnya.

Pada HUT PMI Ke- 76 ini, PMI Sulbar menyerahkan penghargaan dan paket Goodie Bag untuk relawan enam kabupaten yang telah membantu dalam operasi tanggap darurat bencana gempa bumi Majene dan Mamuju.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed