by

Wujudkan Penerbangan Aman, UPBU Tampa Padang Mamuju Gelar Kampanye Keselamatan

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Tampa Padang Mamuju menggelar kampanye keselamatan penerbangan dan kerja bakti.

Acara yang dipimpin langsung kepala UPBU Tampa Padang Mamuju Djarot Nugroho itu dilaksanakan di halaman parkir bandar udara Tampa Padang Mamuju Jum’at, (10/07/21).

Acara itu dihadiri seluruh staf dan pejabat UPBU Tampa Padang serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala UPBU Tampa Padang Mamuju Djarot Nugroho menjelaskan kampanye keselamatan pernerbangan ini merupakan upaya Kementerian Perhubungan RI untuk meningkatkan awareness atau kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi peraturan yang berlaku dalam sebuah perjalanan pesawat udara.

Djarot mengatakan tema kampanye,
keselamatan Penerbangan tahun 2021 ini yakni “Terbang Aman, Nyaman, Selamat Sampai Tujuan”, hal itu kata dia mengandung pesan bahwa saat ini masyarakat dapat menggunakan jasa transportasi penerbangan sebagai sarana transportasi yang nyaman dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Keberhasilan menyelenggarakan jasa transportasi sangat bergantung dari tekad dan semangat juang yang tertanam dalam diri kita masing–masing
Kegiatan Kampanya Keselamatan Penerbangan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan penerbangan yang aman, nyaman dan selamat juga sehat sampai tujuan.”jelasnya.

Kepala UPBU Tampa Padang Mamuju Djarot Nugroho menambahkan Keamanan dan keselamatan sebuah perjalanan pesawat udara merupakan faktor yang utama dalam sektor transportasi udara.

Terlebih di situasi pandemi saat ini aspek keamanan dan keselamatan yang sebelumnya kita kenal sebagai 3S + 1C atau Safety, Security, Service and Compliance tambah satu aspek 1H, Healthy. Untuk mewujudkan hal itu, perlu kesadaran dan kepedulian bersama, khususnya dari penumpang pesawat udara.

“Sangat disayangkan, masih banyak masyarakat yang sebenarnya sudah memahami peraturan standar keselamatan yang harus dilakukan oleh seorang penumpang pesawat udara, namun pada pelaksanaannya masih jauh dari standar keselamatan yang harus dilakukan oleh seorang penumpang pesawat udara dan bagi pengguna jasa serta bagi seluruh komunitas bandara.”terangnya.

Djarot berharap bahwa kampanye keselamatan ini dapat memberikan efek positif pada peningkatan awareness masyarakat terhadap hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam perjalanan menggunakan pesawat udara.

Di samping itu, ia juga berharap bahwa masyarakat tidak hanya akan memahami, tapi juga menerapkannya di setiap perjalanannya menggunakan pesawat baik dalam proses pre flight, in flight, dan post flight, Keamanan penerbangan merupakan tanggung-jawab kita semua, mencakup semua lini, dari level terendah hingga level tertinggi, sesuai dengan slogan ICAO yaitu “Security is everyone’s responsibility”.

“Saya mengajak bapak dan ibu baik bagi pengguna jasa maupun bagi seluruh komunitas bandara serta masyakat mari membumikan budaya keamanan penerbangan.” tutup Djarot.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed