by

Hari Jadi Mamuju ke-481, Arwan Aras: Kita Mesti Bangkit dan Bergotong Royong Membangun Daerah

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Peringatan hari jadi Mamuju ke-481 bakal jatuh pada Rabu, 14 Juli 2021. Berbagai agenda pun disiapkan oleh pemerintah untuk memeringati hari bersejarah bagi Kabupaten Mamuju tersebut.

Peringatan hari jadi Mamuju kali ini memiliki makna tersendiri secara mendalam bagi Anggota DPR RI asal dapil Sulawesi Barat, H. Arwan M Aras Tammauni. Sehingga, ia menyampaikan harapan-harapannya di momentum bersejarah bagi Mamuju ini.

“Pertama, saya ingin sampaikan selamat hari jadi Mamuju ke-481 tahun. Usia yang sangat mapan, dan perjalanan daerah ini yang sudah cukup lama, mulai dari sistem pemerintahan kerajaan hingga sekarang menjadi pemerintahan Republik. Dan daerah ini kita akui terus mengalami perubahan-perubahan,” ucap Arwan.

Di mata politisi muda PDI Perjuangan ini, Mamuju menyimpan potensi yang sangat besar dari semua aspek dan sektor. Seperti pertanian, perkebunan, Sumber Daya Alam (SDA) berupa tambang, emas, mangan, uranium, serta sektor kepariwisataan yang menjanjikan.

“Dan kita patut bersyukur kepada Allah SWT atas karunia berupa daerah Kabupaten Mamuju, yang merupakan suatu daerah yang sangat indah, unik, tentram, damai dan menyimpan banyak potensi kekayaan sumber daya alam yang benar-benar berlimpah ini. Tapi potensi ini harus dikelola dengan baik,” kata Arwan.

Meski demikian, lanjut Arwan, kondisi dan situasi saat ini masih berada pada masa pandemi Covid-19 dan pasca gempabumi yang mengguncang Mamuju pada pertengahan Januari 2021 lalu.

“Sehingga harus ada upaya maksimal dari semua pihak, utamanya pemerintah daerah Kabupaten Mamuju. Begitupun dengan masyarakat dan seluruh stakeholder yang ada untuk berjibaku dan bergotong royong membangun daerah ini agar dapat sejajar dan bahkan melampaui daerah lainnya di Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, tambah Arwan, perlu adanya sinerji yang lebih maksimal antara semua komponen, mulai dari pemerintah hingga masyarakat secara umum untuk terus mengagregasi kemajuan pembangunan daerah.

“Momentum hari jadi Mamuju inilah yang harus jadi kesempatan untuk merefleksi sekaligus terus berkomitmen membangun sinerji kepada semua lintas sektor dan stakeholder yang ada. Semua demi kemajuan daerah kita cintai, yang sering didengung-dengungkan itu, yakni ‘Mampengkarroang Allo Campalogana Mamuju’. Ini yang harus kita wujudkan bersama-sama,” harap Arwan.

Tak lupa, legislator pusat peraih suara terbanyak hasil Pileg 2019 ini juga mengingatkan pemerintah agar terus menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan Mamuju sebagai warisan yang harus terus dilestarikan.

“Dan yang terpenting itu budaya kita tetap terjaga dengan baik. Pemerintah juga harus terus mendukung pelestarian budaya sebagai kearifan lokal atau local wisdom yang dimiliki oleh Mamuju yang kita cintai ini,” tutup Arwan Aras.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed