by

Ini Dia 20 Tokoh yang Santer Disebut-sebut Bakal Meramaikan Pilgub Sulbar 2024

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat memang masih lama. Jika tak ada aral melintang, pesta demokrasi 5 Tahunan itu bakal berlangsung 2024 mendatang.

Sejumlah nama tokoh dan figur kini telah santer dibicarakan bakal mengisi bursa di Pilgub Sulbar. Mulai dari politisi, birokrasi, pengusaha, akademisi hingga tokoh masyarakat.

Berdasarkan data yang dihimpun SULBARONLINE.COM, sedikitnya ada 20 nama bakal calon yang paling santer disebut-sebut akan meramaikan bursa Pilgub Sulbar mendatang. Masing-masing adalah;

1. H. Ali Baal Masdar (ABM)
Ali Baal Masdar adalah Gubernur Sulawesi Barat saat ini. Sebelum jadi Gubernur, Ia merupakan mantan Bupati Polewali Mandar dua periode; 2004-2009 dan 2009-2014. Namanya kembali ramai diperbincangkan untuk maju di periode kedua di Pilgub Sulbar ini.

Hanya saja, Ali Baal tidak memimpin satu Partai Politik apapun. Namun, dikabarkan bahwa ia telah menjalin komunikasi dengan sejumlah tokoh dan politisi di Sulbar.

2. Hj. Enny Anggraeny Anwar.
Enny Anggraeny Anwar merupakan Wakil Gubernur Sulawesi Barat saat ini mendampingi Ali Baal Masdar. Ia juga merupakan mantan Anggota DPR RI periode 2014-2019, dan isteri dari Gubernur Sulawesi Barat dua periode; 2006-2011 dan 2011-2016, H. Anwar Adnan Saleh.

Enny disebut-sebut bakal maju sebagai Calon Gubernur Sulawesi Barat tahun 2024 mendatang. Kini, Ia dikabarkan bakal menahkodai Partai Nasional Demokrat (Nasdem) setelah isu bahwa Habsi Wahid selaku Ketua Partai Nasdem Sulbar mengundurkan diri.

3. H. M. Aras Tammauni
H. Aras Tammauni adalah Bupati Mamuju Tengah (Mateng) dua periode; 2015-2020 dan 2020-2025. Selain itu, pernah menjadi Ketua DPRD Sulbar. Kini, Aras Tammauni juga selaku Ketua DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Sulawesi Barat. Di DPRD Sulbar, Golkar berhasil mendudukkan kadernya sebanyak 8 orang dari 45 Anggota DPRD Sulbar. Sehingga kader Golkar menjadi unsur pimpinan di DPRD Sulbar.

Peluang Aras Tammauni untuk maju di Pilgub Sulbar sangatlah besar. Apalagi, sejak menahkodai Partai ‘Beringin’, namanya kian santer disebut-sebut bakal maju sebagai calon orang nomor satu di Provinsi ke-33 ini.

4. H. Suhardi Duka (SDK)
H. Suhardi Duka merupakan Anggota DPR RI hasil Pileg 2019 lalu. Ia juga mantan Bupati Mamuju dua periode; 2005-2010 dan 2010-2015.

Selain itu, Suhardi Duka juga adalah Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat. Di DPRD Sulbar, Demokrat berhasil mendudukkan kadernya sebanyak 9 kursi. Sehingga menjadi unsur Ketua di DPRD Sulbar. Suhardi Duka juga sempat maju dalam Pilgub Sulbar 2017 lalu berpasangan dengan H. Kalma Katta. Namun SDK kalah saat itu.

5. Andi Ibrahim Masdar (AIM)
Andi Ibrahim Masdar adalah Bupati Polewali Mandar (Polman) dua periode. Ia merupakan adik kandung dari Ali Baal Masdar, Gubernur Sulbar saat ini.

Namanya sangat santer disebut-sebut maju di Pilgub Sulbar mendatang. Itu dibuktikan dengan spanduk yang ia pasang di enam Kabupaten. Hanya saja, AIM belum memiliki kendaraan politik, sebab tidak menjadi pemimpin salah satu Partai Politik di Sulbar.

6. Agus Ambo Djiwa
Agus Ambo Djiwa merupakan Bupati Pasnagkayu dua periode; 2010-2015 dan 2015-2020. Kini, ia juga masih menjadi Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Provinsi Sulawesi Barat. Di DPRD, PDI Perjuangan berhasil mendudukkan kadernya sebanyak 6 orang. Sehingga menjadi salah satu unsur pimpinan di DPRD Sulbar.

Namanya juga santer disebut-sebut bakal meramaikan Pilgub Sulbar, baik maju sebagai Calon Gubernur maupun sebagai calon wakil Gubernur Sulbar 2024 mendatang.

7. Hj. Andi Ruskati Ali Baal
Hj. Andi Ruskati Ali Baal adalah Anggota DPR RI dua periode; 2014-2019 dan 2019-2024. Ia merupakan istri Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar (ABM). Ia juga merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Sulawesi Barat. Di DPRD Sulbar, Partai Gerindra berhasil meraih 4 kursi.

Namanya santer disebut-sebut maju jika suaminya, Ali Baal Masdar tidak jadi maju di Pilgub Sukbar. Ia juga cukup berpeluang, sebab memiliki Partai Politik pendukung.

8. H. Ramlan Badawi
Ramlan Badawi merupakan Bupati Mamasa dua periode; 2013-2018 dan 2018-2023. Kini, ia juga merupakan Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Barat. Di DPRD Sulbar, PAN mendudukkan kadernya sebanyak 2 orang.

Nama Ramlan Badawi juga dikabarkan bakal maju. Namun, lebih santer disebut sebagai bakal calon Wakil Gubernur Sulawesi Barat. Basis pendukungnya adalah di Kabupaten Mamasa.

9. Hendra Singkarru
Hendra Singkarru adalah seorang pengusaha, sekaligus mantan Anggota DPR RI periode 2009-2014 lalu. Namanya juga disebut-sebut bakal maju sebagai salah satu kandidat Calon Wakil Gubernur Sulbar.

Jika tak jadi maju, dua anaknya juga santer disebut-sebut, yakni Dirga Singkarru dan Ratih Megasari Singkarru. Dirga Singkarru adalah Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sulbar, sedang Ratih Megasari Singkarru adalah Anggota DPR RI dari Partai Nasdem hasil Pileg 2019 lalu.

10. H. Irwan Satyaputra Pababari
H. Irwan Satyaputra Pababari adalah mantan Wakil Bupati Mamuju periode 2015-2020. Ia juga adalah mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mamuju. Kini, Irwan Pababari masih sebagai Ketua DPD Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Sulawesi Barat. Di DPRD Sulbar, Hanura berhasil mendudukkan kadernya sebanyak 4 orang.

Irwan Pababari mewarisi karisma ayahnya, H. Al Malik Pababri yang merupakan mantan Bupati Mamuju, anggota DPRD Sulbar 3 periode dan kini sebagai Anggota DPD RI. Nama Irwan Pababari juga santer disebut-sebut sebagai salah satu figur yang berpeluang maju sebagai kandidat di Pilgub Sulbar.

11. KH. Muh. Syibli Sahabuddin
KH. Muhammad Syibli Sahabuddin adalah mantan Anggota DPD RI dua periode; 2009-2014 dan 2014-2019. Pada 2019, ia memilih maju sebagai Anggota DPR RI. Namun, ia belum berhasil saat itu.

Kini, Syibli Sahabuddin menjadi Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Barat. Di DPRD, ada 2 kursi PKB. Sehingga, namanya santer disebut-sebut bakal maju sebagai calon wakil Gubernur Sulawesi Barat.

12. Mayjend TNI (Purn.) Salim S Mengga
Mayjend TNI (Purn.) Salim S Mengga adalah mantan Anggota DPR RI 2009-2014 dan 2014-2019. Namun, dalam perjalanan di periode keduanya, ia memilih mundur di DPR RI karena maju sebagai Calon Gubernur Sulbar pada 2016 lalu. Sayangnya, ia belum berhasil.

Meskipun saat ini sudah jarang tampil di media, namun namanya masih sering disebut-sebut sebagai tokoh dan figur yang berpeluang maju. Hanya saja, saat ini ia tidak memimpin salah satu Partai Politik sebagai kendaraannya.

13. Prof. Husain Syam (PHS)
Prof Husain Syam adalah Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM). Ia merupakan tokoh asal Sulawesi Barat yang lama berkarir di dunia akademisi di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Namanya kian dibicarakan, sebab sejak awal telah menyatakan sikap untuk maju dalam Pilgub Sulbar mendatang. Sosialisasi pun gencar dilakukan di enam Kabupaten di Sulbar. Baik digelar dalam bentuk pertemuan maupun sosialisasi melalui baliho yang menjamur di enam Kabupaten di Sulbar.

14. H. Kalma Katta
H. Kalma Katta adalah mantan Bupati Majene dua periode; 2006-2011 dan 2011-2016. Kini, Kalma Katta merupakan Anggota DPRD Sulbar dari Partai Demokrat. Ia pernah maju sebagai Calon Wakil Gubernur Sulbar berpasangan dengan Suhardi Duka.

Namanya kembali sering disebut-sebut sebagian orang untuk maju di Pilgub Sulbar. Apalagi, putranya, Arismunandar Kalma baru-baru ini terpilih sebagai Wakil Bupati Majene.

15. Muh. Syarkawi Rauf
Muh. Syarkawi Rauf adalah mantan Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Kini, ia juga sebagai Komisaris Utama PTPN VI.

Syarkawi memang adalah salah satu sosok ekonom nasional asal Sulawesi Barat. Namanya juga disebut-sebut sebagai figur muda yang cocok maju dalam ajang Pilgub Sulbar 2024 mendatang.

16. Muhammad Asri Anas
Muhammad Asri Anas adalah mantan Anggota DPD RI dua periode; 2009-2014 dan 2014-2019. Pada 2019 lalu ia memilih maju sebagai calon Anggota DPR RI. Sayangnya, mantan aktivis 98 itu belum berhasil.

Namun karisma dari sosok muda yang satu ini juga seringkali jadi perbincangan warga Sulbar. Ia memiliki peluang untuk maju di Pilgub Sulbar. Kini, Asri Anas juga menjabat sebagai Ketua Umum Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) Pusat.

17. Iskandar Muda Baharuddin Lopa
Iskandar Muda Baharuddin Lopa adalah Anggota DPD RI 3 periode; 2009-2014, 2014-2019 dan 2019-2024.

Ia adalah salah satu putra pendekar hukum asal Sulawesi Barat; Baharuddin Lopa. Nama Iskandar Muda juga santer disebut-sebut sebagai salah satu kandidat calon wakil Gubernur Sulawesi Barat.

18. Muhammad Idris
Muhammad Idris saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat. Ia adalah mantan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar, dan pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Diklat LAN RI.

Namanya juga sering disebut-sebut memiliki kompetensi untuk menjadi pemimpin di Sulbar. Namun lebih banyak disebut paling cocok maju sebagai Calon Wakil Gubernur Sulawesi Barat.

19. Irjen Pol (Purn) H. Baharuddin Djafar
Irjen Pol (Purn) H. Baharuddin Djafar adalah mantan Kapolda Sulawesi Barat. Selama dua tahun ia menjabat sebagai Kapolda Sulbar, lalu menjadi Kapolda Maluku. Setelah itu menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri hingga pensiun.

Selama di Sulbar, jenderal bintang dua ini sangat aktif bertemu warga Sulbar hingga pelosok terjauh. Ia juga dikenal religius karena aktif di jamaah tabliq. Ia dicintai warga Sulbar. Sehingga, namanya santer disebut-sebut sangat cocok maju di Pilgub Sulbar.

20. Abd. Halim
Abd. Halim adalah Wakil Ketua DPRD Sulbar. Ia adalah Politisi muda Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang berasal dari Polewali Mandar.

Belakangan, di sejumlah media namanya disebut-sebut berpeluang maju. Bahkan, ia disandingkan untuk berpasangan dengan Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat, Suhardi Duka.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed