by

Dandim 1418 Mamuju Latih Generasi Muda

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Komando Distrik Militer (Kodim) 1418 Mamuju memberikan latihan bagi Pertiwika Cabang II Pramuka Saka Wira Kartika (SWK).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dandim 1418 Mamuju, Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Sabtu (29/5/2021) di Mako Kodim 1418 Mamuju.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Satkowil jajaran Kodim 1418 Mamuju ini diperuntukan bagi pramuka penegak dan pramuka pandega. Tujuannya untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda dalam memberikan pendidikan kesadaran bela negara secara dini.

“Tentu juga dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda akibat dari semakin maraknya budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa yang mengarah pada perpecahan, dan upaya penghilangan ke Bhinekaan tunggal ika dalam kehidupan masyarakat,” kata Dandim 1418 Mamuju, Kolonel Inf. Tri Aji Sartono.

Selama pelaksanaan latihan Pramuka Penegak diberikan materi latihan oleh anggota Pasi Ter dan pembina lain dari Kepramukaan. Adapun materi yang diberikan seperti melatih disiplin, mengembangkan kreativitas, menanamkan semangat dan kekompakan, wawasan kebangsaan, bela negara dan lainnya.

Kolonel Inf. Tri Aji Sartono menyampaikan bahwa pelatihan Pramuka Wira Kartika tersebut adalah program tahunan dari Kodim 1418 Mamuju dengan melibatkan ranting masing-masing Koramil, dan nantinya akan dilatih dan diberikan beberapa materi yang akan diberikan oleh pembina yang ada di kodim 1418 Mamuju.

“Kegiatan ini adalah kegiatan rutin tahunan Kodim 1418 Mamuju memberikan pelatihan kepada Pramuka slSaka Wira Kartika binaan Kodim 1418 Mamuju,” katanya.

Dia menjelaskan, Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 1418 Mamuju diberikan pelatihan dan pembinaan agar dapat menjadi generasi penerus yang baik untuk banhsa dan negara.

“Harapannya minimal dengan memberikan pelatihan kepada generasi muda supaya bisa menjadi generasi yang baik dan bisa menjadi kader, dan bisa memberikan contoh kepada yang lainnya bahwa pramuka itu lain dari yang lain, dalam artian mereka sudah terlatih baik secara mental maupun pengetahun umum,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya, Mayor Inf Akmar (Pasi Ren Kodim 1418 Mamuhu), Mayor Inf Jalaluddin (Pasi Log Dim 1418 Mamuhy), Letda Inf Nurdin (Plh Pasiter Kodim 1418 Mamuju) dan Letda Inf Fatahuddin (Plh Danramil 1418-05 Kalumpang).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed