by

Bantu Korban Gempa di Sulbar, KT Tangofa Morowali Galang Dana di Jalan dan Rumah ke Rumah

Laporan: Asman Yangking

SULBARONLINE.COM, Morowali — Karang Taruna Mandiri Bersama Desa Tangofa, Kecamatan Bungku Pesisir, Morowali kembali turun ke jalan dan rumah-ke rumah untuk menggalang dana bantuan korban gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat.

Seperti diketahui bersama, gempa berkekuatan 6,2 magnitudo yang terjadi pada jumat (15/1), pukul 02.28 waktu setempat ini berhasil mengguncang Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. Gempa ini telah menelan korban jiwa dan kerugian materi yang tidak sedikit.

Berdasarkan data per 17 Januari 2021 pukul 14.00 WIB, Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana nasional mencatat sebanyak 73 orang meninggal, dengan rincian 64 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan Sembilan orang di Kabupaten Majene.

Selain itu, terdapat korban luka-luka berjumlah 554 di Kabupaten Majene sedangkan di Mamuju terdapat 189 orang. Sebanyak 27.850 orang yang mengungsi di 25 titik yang tersebar. Hal ini tentunya yang kembali menginisiatif dan menyentuh sisi kemanusiaan paling dalam para pemuda Karang Taruna Mandiri Bersama Desa Tangofa, Kecamatan Bungku Pesisir, Morowali untuk menggelar aksi penggalangan dana membantu korban bencana gempa bumi Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.

Penggalangan dana yang digelar sejak selasa (19/01) kemarin ini dilaksanakan di jalan dan mengunjungi rumah warga setempat. Puluhan pemuda Karang Taruna yang dipimpin Jasrudin selaku korlap begitu antusias dan semangat.

“Alhamdulillah, pemuda-pemudi karang taruna begitu antusias. Tim sangat semangat. Walaupun hujan turun mengguyur penggalangan dana tetap berlanjut. Ini semata-mata dilakukan untuk membantu keluarga kita yang terdampak bencana gempa bumi di Sulbar,” kata Jasrudin.

Dia menambahkan bahwa aksi penggalangan dana yang bertajuk Duka Sulbar duka kita di laksanakan dengan membagi empat tim. Hal ini dilakukan agar mempermudah proses di lapangan.

“Kami membagi empat tim, ini dimaksudkan agar mempermudah proses pengumpulan dana. Masing-masing tim beranngotakan 4-6 orang. Mereka ini yang jalan ke rumah-rumah,” Kata Jasrudin menambahkan.

Di samping itu, di tengah kesibukan Ketua Karang Taruna Rizal juga turut hadir membersamai para anggota. Sebagai ketua karang Taruna dia sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini. Menurutnya kegiatan-kegiatan seperti ini sangat perlu kita lakukan.

“Saya mengapresia para anggota Karang Taruna. Kegiatan-kegiatan penggalangan dana seperti ini memang perlu kita lakukan. Ini bagian dari rasa peduli kita antar sesama. Membantu para korban sudah menjadi tanggungjawab kita. Ini juga kali kedua. Sebelumnya bencana Masamba. Alhamdulillah terkumpul banyak dan sudah didonasikan,” paparnya.

Lebih jauh Rizal mengungkapkan terima kasihnya kepada para anggota Karang Taruna Mandiri Bersam Desa Tangofa dan para masyarakat yang peduli dan berpartisipasi membantu para korban bencana gempa bumi di Sulbar.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua rekan-rekan karang Taruna dan seluruh masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini. Semoga yang kita lakukan ini dapat bermanfaat bagi mereka yang tertimpa musibah dan mendapat keberkahan.” terangnya.

Mengakhiri keterangannya, selaku ketua karang taruna ia berharap kegiatan seperti ini kedepan akan terus dilakukan. Karang Taruna akan selalu tanggap dan peduli terhadap sesama serta berkontribusi aktif dalam pembangunan desa.

“Harapannya kedepan karang taruna lebih baik lagi dalam kegiatan social seperti ini. Berpartispasi aktif dan menjadikan karang Taruna Mandiri Bersama Desa Tangofa lebih maju. Kegiatan-kegiatan seperti ini juga bentuk kontribusi kami selaku organisasi dalam desa yang bertujuan membangun desa. Sesuai visi kami, Karang Taruna Membangun Desa,” Terangnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed