by

Begini Unik dan Spektakulernya Pendaftaran Habsi-Irwan di KPU Mamuju

SULBARONLINE.COM, Mamuju Pasangan Petahana Calon Bupati dan Wakil Bupati Mamuju, Habsi Wahid dan Irwan Satyaputra Pababari (Habsi-Irwan) resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju, Sabtu (05/09/20) siang.

Ada yang unik dalam prosesi pendaftaran pasangan incumbent ini. Sebab digelar dalam nuansa yang sangat kental dengan kebudayaan. Di mana, mereka menggunakan simbol pertemuan antar kultur orang pegunungan atau Pitu Ulunna Salu (PUS) dan orang pesisir pantai atau Pitu Baqbana Binanga (PBB).

Calon Bupati Mamuju H. Habsi Wahid yang merupakan putra asli Tapalang, didampingi para tokoh berangkat dari kediaman pribadinya di sekitar puncak Mamuju, menggunakan Dokar alias Bendi sebagai simbol transportasi orang pegunungan (PUS). Habsi menuju Anjungan Pantai Manakarra untuk bertemu dengan pasangannya.

Sementara, calon Wakil Bupati Mamuju, H. Irwan Satyaputra Pababari berangkat dari kediaman pribadinya menuju rumah orang tuanya, H. Almalik Pababari di jalan Kelapa (Pasar Lama Mamuju) untuk meminta Do’a restu dari kedua orang tuanya.

Usai mendapatkan restu, Irwan Pababari menuju Kecamatan Simboro didampingi para tokoh. Tiba di Simboro, Irwan langsung menuju Anjungan Pantai Manakarra menggunakan perahu nelayan sebagai simbol alat transportasi penduduk pesisir pantai, untuk bertemu H. Habsi Wahid.

Tepat pada pukul 13:30 WITA, Habsi Wahid dan Irwan Satyaputra Pababari bertemu di Anjungan Pantai Manakarra yang dikawal para tokoh masyarakat, ketua partai pendukung dan ribuan relawan.

Nampak, keduanya menggunakan pakaian sederhana, kopiah hitam, baju putih dan celana hitam. Wajah mereka sangat ceria dan bersemangat.

Di tempat ini, gemuruh pendukung benar-benar tak terbendung. Ribuan orang menggunakan kendaraan roda empat berjejer rapi siap mengantar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mamuju untuk mendaftarkan diri di KPU Mamuju. Habsi-Irwan menuju KPU menggunakan dokar, alat transportasi rakyat di masa lampau. Sebagai simbol kebudayaan, sekaligus cara mereka berdua untuk tetap mengenang sejarah lampau.

Setibanya di KPU, pasangan Habsi-Irwan diterima oleh Ketua dan Anggota KPU Mamuju.

Berkas Syarat pencalonan Habsi-Irwan pun dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat yang telah ditentukan dan tinggal menunggu syarat pencalonan lain yakni tes kesehatan yang akan berlangsung di RS. Wahidin Sudiro Husodo, Kota Makassar mulai tanggal 10 sampai 11 September 2020.

“Berkas syarat pencalonan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Mamuju yakni Habsi-Irwan kami nyatakan sudah lengkap dan kami terima,” kata Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang.

Di tempat yang sama dalam sesi Konfrensi Pers, Habsi Wahid tak lupa memohon maaf kepada masyarakat Mamuju yang hari ini terganggu dalam hal lalu lintas, sebab adanya simpatisan yang ikut mengantar ke KPU Mamuju untuk melakukan pendaftaran.

“Kami mohon maaf jika seyogyanya masyarakat terganggu dengan arus lalu lintas hari ini,” ucap Habsi Wahid.

Habsi Wahid yang didampingi Irwan SP Pababari pun optimis, akan memenangkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju tahun 2020 dengan persentase kemenangan di atas 70 persen.

“Kami bersama tim optimis akan mendapatkan perolehan suara sampai 70 persen pada tanggal 9 desember 2020 nanti,” pungkas Habsi yang juga Ketua DPW Partai Nasdem Sulawesi Barat itu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed