Sahabat Rakyat Virtual Tetap Jadi Solusi

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Program Safari Sehari Berbakti untuk Rakyat (Sahabat Rakyat) virtual sebagai salah satu program pemerintah Kabupaten Mamuju dirasakan benar-benar menjadi solusi di tengah upaya melakukan adaptasi kehidupan normal baru masyarakat yang masih dibayangi serangan pandemi Covid-19.

Kegiatan ini memang mengkombinasikan layanan langsung pemerintah kepada masyarakat dengan kegiatan dialog virtual bersama Bupati dan wakil bupati Mamuju Habsi dan Irwan Pababari lewat siaran live facebook di akun Pemkab mlMamuju dan live di Radio suara manakarra.

Tumenan salah seorang warga desa Bunde, kecamatan Sampaga, Rabu (12/08/2020) saat memeriksakan kesehatan di puskesmas yang melakukan pelayanan langsung, mengaku sangat berterima kasih atas adanya Sahabat Rakyat dari pemkab Mamuju, karena menurutnya kegiatan tersebut sangat membantu masyarakat di tengah kondisi saat ini yang masih serba terbatas akibat adanya corona virus.

“Program ini telah sangat membantu kami karena sekarang keadaan begini karena corona. Tapi syukur ada Sahabat Rakyat, kita masyarakat dapat pelayanan kesehatan gratis, pembuatan KTP, ada juga katanya perizinan, semua ada di dekat rumah jadi tidak harus keluar biaya ke Mamuju,” kata dia.

Bupati Mamuju H. Habsi Wahid saat melakukan live virtual dari kecamatan Sampaga mengatakan, Sahabat Rakyat yang sebelumnya menghadirkan layanan langsung pemerintah di tengah masyarakat terpaksa harus segera diadaptasikan terhadap kondisi normal baru, sehingga memunculkan ide melakukan kolaborasi layanan melalui virtual dan layanan langsung sehingga upaya memutus mata rantai penularan corona tidak lantas mematikan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.


Dalam kesempatan dialog virtual yang dipandu Ashari Rauf, Habsi yang duduk berdampingan dengan wakil Bupati Irwan SP Pababari, juga membeberkan sejumlah capaian pemerintah daerah dari berbagai aspek jika dibandingkan awal pemerintahannya.

Aspek yang disampaikan antara lain, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang telah naik dari 65 persen lebih menjadi 68 persen, naik sekitar 2,63 persen, kemudian dari sektor pertumbuhan ekonomi juga mengalami kenaikan diatas rata-rata nasional sekitar 5,4 persen. Hal lain terkait pendapatan perkapita juga mengalami kenaikan signifikan dari Rp.30 juta lebih menjadi Rp.30,9 juta atau naik sekira 9 juta, begitu pula angka harapan hidup telah mencapai 67,2 tahun.

Atas semua capaian tersebut Habsi mengungkapkan terimakasih atas kebersamaan semua elemen masyarakat yang ikut andil dalam melakukan suksesi pembangunan.

Sementara itu, Wakil bupati Irwan SP Pababari yang dikonfirmasi usai melakukan pemantauan di titik layanan di kecamatan Timmo mengatakan, pemerintah tidak boleh kalah terhadap kondisi yang ditimbulkan covid-19, melainkan harus tetap dapat hadir di tengah masyarakat.

“Dan Sahabat rakyat adalah salah satu solusi,” tegasnya.

Sahabat rakyat virtual yang selalu diserbu masyarakat untuk menerima pelayanan kali ini dilakukan di tiga kecamatan, yakni kecamatan Sampaga, Kalumpang dan Tommo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *