Bupati Mamuju dan Forkopimda Lakukan Rapid Terbuka Usai Upacara HUT RI, Ini Hasilnya

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Usai melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di halaman kantor Bupati Mamuju, Senin (17/8/2020) Tim gugus tugas dari Dinas Kesehatan menggelar tes rapid kepada semua kepala OPD dan pejabat kepala bagian sekretariat daerah, termasuk kepada jajaran Forkopimda.

Bupati Mamuju Habsi Wahid yang mengajukan diri pertama melakukan tes dengan metode sampel darah tepi disaksikan secara terbuka oleh sejumlah awak media.

Hasilnya yang langsung bisa terbaca 15 menit setelahnya menunjukkan negatif atau non reaktif.

Pemeriksaan selanjutnya diikuti Wakil Bupati Mamuju, H. Irwan SP Pababari disusul oleh jajaran Forkopimda, mulai dari Ketua DPRD Mamuju Azwar Anshari Habsi, Dandim 1418 Mamuju Letkol Inf. Tri Aji Sartono, Kapolresta Mamuju Kombespol Minarto, Kajari Mamuju Ranu Indra dan Sekretaris Daerah Mamuju H. Suaib. Hasilnya dengan garis satu pada alat deteksi menandakan mereka non reaktif atau negatif.

Di tempat terpisah, yakini diruang kerja Sekda, semua Kepala OPD dan para Kabag juga melakukan tes yang sama. Hasilnya, total keseluruhan pejabat daerah sebanyak 48 orang semua juga non reaktif.

Bupati Mamuju Habsi Wahid usai kegiatan tersebut menyampaikan, langkah pemeriksaan melalui rapid tes yang dilakukan pada momentum hari kemerdekaan tidak lebih adalah upaya pemerintah untuk mengkampanyekan pencegahan penularan covid-19, sehingga akan terbangun edukasi kepada masyarakat yang lebih mudah diterima bahwa melawan pandemi membutuhkan kesadaran bersama untuk melakukan pola hidup dengan tatanan normal baru.

Selain itu, langkah pemeriksaan dilakukan juga dalam rangka memutus mata rantai penularan covid-19, yang belakangan terus mengalami penambahan.

“Tidak perlu panik, tapi mari kita sadar bahwa pandemi ini adalah masalah bersama yang tidak ada salahnya untuk tetap diwaspadai,” harap Bupati Mamuju.

Rencananya, untuk terus mengingatkan masyarakat pentingnya melakukan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) No. 18 Tahun 2020 tentang pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru, Pemkab Mamuju akan melaksanan kegiatan olahraga bersama di anjungan pantai manakarra akhir pekan depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *