by

2020, Musprov PPI Sulbar Akan Dilaksanakan

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Purna Paskibraka Indonesia (PPI) merupakan Organisasi Alumni Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas setiap tanggal 17 Agustus di tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

Dengan banyaknya alumni dari berbagai tingkatan tersebut, tentunya memiliki dinamika berhimpun tersendiri.

Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sulawesi Barat, pada tahun ini rencananya akan melaksanakan Musyawarah Provinsi (Musprov) yang diagendakan tahun 2020 ini.

Hal ini dibenarkan oleh Aswin Budianto, PPI 1997 yang juga pencetus dan penginisiatif pertama kali berdirinya Organisasi Purna Paskibraka Indonesia di Provinsi Sulawesi Barat.

Selain itu, Aswin juga menjabat sebagai sekretaris PPI pada periode pertama, dan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua PPI Sulbar.

Kepada wartawan, Kamis (20/8/20), Aswin menjlceritakan bahwa semenjak terpisahnya Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat masa itu, maka dengan potensi yang ada sejumlah alumni mendirikan organisasi ini.

Saat itu, kata dia, koordinasi bersama pengurus pusat dan mempersatukan seluruh komponen Purna Paskibraka di 6 kabupaten memang bukan hal yang mudah. Namun, dengan tekad yang kuat akhirnya Organisasi ini hadir di Sulawesi Barat walaupun pada awalnya hanya karateker.

“Beberapa bulan ini saya intens komunikasi bersama teman-teman pengurus PPI Pusat termasuk Sekjen PP PPI, dan apa yang menjadi harapan kami di kepengurusan juga senada dengan PP bahwa percepatan Musprov harus dilaksanakan. Hal ini juga saya sudah komunikasikan bersama Ketua PPI Sulbar agar mengundang seluruh Pengurus untuk rapat bersama dan membentuk kepanitian Musprov,” jelas Aswin.

Selain itu, tambah Aswin, rencana Musprov akan digelar karena desakan dari pengurus, utamanya di tingkat kabupaten. Hal ini penting dikarenakan AD/ART dan PO mengisyarakat penyelenggaraan Musprov. Dimana, bahwa kepengurusan yang keperiodeannya akan berakhir mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan Musprov PPI Sulbar.

Disinggung terkait apakah ada figur yang telah ingin menjadi ketua selanjutnya ? Alumni PPI 1997 ini mengaku, bahwa sejauh ini belum ada yang menonjol. Tapi kader yang potensial banyak, seperti Sulaksmi sebagai PPI 1999 yang merupakan srikandi Purna Paskibraka Sulbar, kemudian Bagus Wahyono sebagai alumni PPI 2002 yang sudah lama berkecimpung dalam dunia kepengusan PPI.

Selain itu, juga ada Sultan Hasanuddin, yang merupakan PPI 2008. Saat ini, Sultan banyak melakukan kegiatan-kegiatan PPI di bidang kemanusian. Lalu, ada Hadi Eka Saputra yang merupakan PPI 2011 yang juga banyak malang melintang di kegiatan-kegiatan PPI baik daerah maupun nasional, termasuk Dian Wahyudi yang saat ini menjabat sekretaris PPI Sukbar yang mempunyai segudang pengalaman. Nama-nama tersebut merupakan aset PPI Sulbar kedepan.

“Kita tunggu saja rapat pengurus, karena disitulah inti dari kesiapan Musprov itu, sejauh ini masih tahap konsolidasi bersama pengurus. Sekiranya nantinya ketua mengundang untuk membahas dan membentuk kepanitian tersebut sehingga kita bisa berbicara lebih lanjut,” jelas Aswin.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed