by

Mahasiswa KKN Unhas Mengajar, Bantu Pendidikan Saat Pandemi Covid-19

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Corona Virus (Covid-19) sangat berdampak terhadap kehidupan, salah satunya terhadap dunia pendidikan. Kebijakan pembatasan social berimplikasi lahirnya kebijakan agar siswa belajar dari rumah.

Salah satu bentuk kepekaan Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam merespon situasi pandemi covid-19 yaitu dengan menyelenggarakan KKN tematik dengan tema “Bersatu Melawan Covid-19”.

Progam KKN merupakan kegiatan pengabdian dalam rangka pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, membantu mahasiswa dalam menerapkan ilmu sehingga membawa manfaat dan mendukung program pembangunan.

KKN ini dilaksanakan di setiap domisili mahasiswa masing-masing.

Fahri Nasir, sebagai salah satu mahasiswa yang melaksanakan program KKN UNHAS Gelombang 104 ikut serta berkonstribusi di era pandemic Covid-19 melalui program mengajar ke rumah-rumah siswa SDN Karossa di Desa Suka Maju, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng).

Program mengajar ini dilakukan secara offline dengan mendatangi rumahnya secara lansung. Siswa dikelompokkan dengan jumlah maksimal tiap kelompok 5 orang, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, misalnya menjaga jarak, memakai masker sebelum dan sesudah belajar harus membersihkan tangan dengan hand sanitaizer.

KKN ini berlansung selama kurang lebih 30 hari dengan rentang waktu dari tanggal 8 Juli sampai dengan 7 Agustus 2020. Program kerja dimulai dari koordinasi dengan pemerintah desa, Kepala Sekolah SDN Karossa dan juga orang tua siswa.

Sebelumnya program kerja ini telah dipaparkan ke Dosen Pembimbing KKN (DPK) melalui seminar online yang dihadiri oleh tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Mamuju Tengah, Dinas Kesehatan dan Pemerintah setempat.

Dengan adanya program mengajar ini diharapkan dapat membantu para siswa untuk belajar dengan baik dari rumah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed