Bupati Mamuju Resmikan Wisata Air Terjun Tamasapi

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Meski telah lama dinikmati penggunaannya oleh masyarakat, Wisata air terjun Tamasapi akhirnya diresmikan oleh Bupati Mamuju H. Habsi Wahid, Sabtu (4/7/2020).

Hadir bersama Wakil Bupati Irwan Pababari dan Sekretaris Daerah Suaib, serta sejumlah jajaran Kepala OPD dan disaksikan oleh sejumlah masyarakat, Habsi mengatakan, untuk mewujudkan kemajuan daerah, sektor pariwisata adalah salah satu kunci untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Olehnya pembangunan pariwisata menjadi salah satu prioritas yang harus senantiasa mendapat dorongan dan bantuan dari semua pihak termasuk swasta dan unsur perbankan.

Sebab, kata Habsi, dalam mengembangkan pariwisata tentu akan membutuhkan biaya yang cukup besar.

“Untuk mengembangkan daerah ini, tentu harus ada yang menarik di Mamuju. Kita sudah benahi Air terjun Tamasapi walaupun masih terbatas, demikian pula wisata lain yang kita miliki. Ada pula land mark Mamuju City yang sementara berproses, semoga pembangunan yang kita lakukan ini akan menarik orang datang ke daerah kita yang tentu akan berpengaruh pada perputaran ekonomi masyarakat,” jelas Habsi.

Diakui figur yang digadang-gadang masih memiliki popularitas tertinggi pada Pilkada 2020 ini, sektor Pariwisata telah menyumbang setidaknya 30 persen Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang di dalamnya juga termasuk pendapatan dari perhotelan dan restoran.

Kepala Dinas Pariwisata Mamuju, Usdi mengklaim, pengembangan Pariwisata akan berefek domino bagi semua sektor lain. Olehnya keseriusan pemerintah daerah yang ditunjukkan di tiga tahun terakhir akan terus diupayakan dapat meningkat.

Kata Usdi, jika orang mau datang ke Mamuju maka ia tentu akan membawa uang. Jika ia menginap karena ada sesuatu yang menarik maka uangnya tentu akan berputar di masyarakat Mamuju, sehingga perputaran ekonomi akan terjadi lebih cepat.

Selain meresmikan penggunaan wisata Air terjun Tamasapi, Habsi wahid juga sekaligus meresmikan secara simbolis penggunaan Museum daerah yang bangunannya terletak di kompleks rumah adat Mamuju.

Museum tersebut menjadi menarik karena di dalamnya telah menyimpan sejumlah barang yang memiliki nilai kesejarahan tinggi yang dominan adalah barang yang selama ini disimpan oleh Maradika (Raja) Mamuju H. Andi Maksum Dai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *