by

Halal Bi Halal Ala HIKMAT Cabang Mamuju

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Himpunan Kekuarga Mandar Tande (HIKMAT) Cabang Mamuju, menggelar Halal Bi Halal, Minggu (6/6/2020). Kegiatan ini berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan berjalan meriah meskipun lewat Video Conference (VC). Acara yang dipandu oleh salah satu Pemuda Sulbar, Ashari Rauf ini, diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Sur Awaliah yang merupakan juara 1 hafidz 1 juz dan tilawah tingkat Provinsi Sulawesi Barat dan menjadi wakil ke tingkat Nasional pada tahun 2018. Lalu dilanjutkan dengan sari tilawah oleh Fissilmii Kaffah.

Kegiatan ini diikuti oleh Ketua Umum HIKMAT Pusat di Makassar, Dr. Ir. H. Ahmad Asiri, dan sejumlah perwakilan pengurus HIKMAT di berbagai daerah, seperti Manado, Gorontalo, Bandung, Palu, Sidrap, Makassar, Majene, Tapalang, bahkan dari luar Negeri seperti HIKMAT Jepang.

Istimewanya, sebab pembawa Hikmah Halal Bi Halal ini adalah salah satu penceramah kondang di Makassar yang merupakan guru besar Ilmu Hadits UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. Arifuddin Ahmad.

Ketua HIKMAT Cabang Mamuju, Hasanuddin Haruna dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Halal Bi Halal ini bertujuan untuk tetap menjaga dan merajut silaturahmi sesama warga Mandar Tande di berbagai daerah.

“Alhamdulillah kegiatan ini bisa terlaksana meskipun kita sedang berada di masa Pandemi Covid-19. Ini tidak menjadi penghalang, dan kita memanfaatkan teknologi yang ada melalui aplikasi, sehingga silaturahmi tetap berjalan,” kata Hasanuddin.

Dia berharap, kegiatan lainnya juga dapat terus dilaksanakan melalui virtual agar kekerabatan dan silaturahmi terus berjalan, begitupun dengan program-program kerja lainnya.

“Sebenarnya banyak program yang akan kita laksanakan, seperti pada bulan ramadhan kita berencana sholat tarwih berjamaah keliling. Namun karena pandemi ini sehingga tertunda. Tapi alhamdulillah kemarin kita sudah melakukan gerakan sosial berupa penyaluran bantuan sembako. Semoga kedepannya kita terus galakkan secara bersama-sama,” harap Hasanuddin.

Selain itu, dia juga menyampaikan rencana pembangunan rumah singgah di Makassar, Sulawesi Selatan. Rumah singgah ini akan diupyakan terbangun di Makassar berdekatan dengan rumah sakit Wahidin Makassar.

“Tentu kita semua menginginkan adanya rumah singgah Makassar. Karena jika ini terwujud maka akan menjadi tempat bagi saudara kita jika ada keluarga yang sakit di Makassar. Semoga ini mendapat dukungan dari kita semua sehingga dapat terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum HIKMAT Pusat Dr. Ir. Ahmad Asiri mengapresiasi langkah HIKMAT Mamuju yang menggelar Halal Bi Halal via virtual.

“Kita semua merasakan dampak Covid-19 ini. Selama ini kita biasa bertatap muka, tapi sekarang kita bertatap lewat virtual. Tapi saya sangat mengapresiasi langkah ini. Kemudian, Hikmat Mamuju juga telah maju satu langkah. Sudah melakukan kerjasama keluarga mahasiswa Islam Indonesia dan jamaah di Jepang untuk berkolaborasi dalam rangka penyaluran bantuan sosial. Ini kita apresiasi,” kata Ahmad.

Demikian pula program-program lainnya yang dicanangkan oleh Hikmat Mamuju. HIKMAT Pusat turut mengapresiasi dan berharap ini menjadi pendorong untuk semua pengurus HIKMAT di berbagai daerah.

Tak lupa, Ahmad Asiri juga mengingatkan, bahwa para Pendahulu HIKMAT sudah menetapkan standar bagaimana masyarakat Mandar dan Tande secara khusus untuk menjadi manusia paripurna dan berkualitas untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

“Saya menitip pesan agar mari kita bersatu, saatnya keluarga besar HIKMAT memberikan kontribusi terbaik untuk pembangunan Sulawesi Barat. Saatnya pemikiran kita semua dipersembahka kepada pemerintah Provinsi dan Kabupaten di Sulbar. SDM kita saat ini sangat memadai. Tinggal Bagaimana kita menghimpun untuk memberikan yang terbaik bagi daerah ini,” harapnya.

Setelah itu, Prof. Dr. Arifuddin Ahmad membawakan hikmah Halal Bi Halal sekira 40 menit. Lalu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setelah itu, dilanjutkan dengan testimoni dan silaturahmi dengan memberikan kesempatan kepada warga yang mengikuti acara tersebut untuk menyampaikan masukan dan apresiasinya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed