by

Bupati Mamuju Bagikan BLT di Botteng Utara, Warga Tertib dan Terapakan Social Distancing

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Dusun Papanga, Desa Botteng Utara, Kecamatan Simboro, Mamuju berlangsung dengan tertib. Tak hanya itu, warga yang menunggu pembagian bantuan memberlakukan social distancing atau menjaga jarak.

Setiap warga yang datang duduk di bawah tenda yang disiapkan Pemerintah Desa Botteng Utara menuggu giliran menerima bantuan, menjaga jarak masing-masing sekitar satu setengah meter. Setiap warga yang hadir juga menggunakan penutup mulut atau masker.

Penyaluran bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Mamuju Habsi Wahid dan Wakil Bupati Mamuju Irwan SP Pababari, juga menyediakan tempat cuci tangan. Warga yang menerima bantuan wajib mencuci tangan menggunakan sabun.

Kepala Desa Botteng Utara, Syahril menyampaikan, pengaturan jarak sudah direncanakan antara masyarakat dan masyarakat yang lain, untuk mengantisipasi kemungkinan penularan virus corona atau covid-19.

Meskipun di Desa tersebut belum ada kasus terkonfirmasi positif namun Syahril mengaku penerapan aturan protokol Covid-19 harus dilaksanakan.

“Hari ini ada 161 KK menerima bantuan, jadi sudah kita mengatur sedemikian rupa. Namun mungkin karena keinginan masyarakat untuk mendapatkan bantuan, sehingga semakin banyak yang datang,” kata Syahruk, Senin (18/5/2020).

“Saya anggap desa kami aman, Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada yang terkena hal-hal yang tidak diinginkan, dan dijamin. Apalagi memakai masker dan sebagainya,” sambungnya.

Bantuan yang bersumber melalui dana desa tersebut sudah disetujui oleh seluruh masyarakat di Desa Buotteng Utara. Dana yang digelontorkan pemerintah desa sebesar Rp280,900,600. Pemberian bantuan diserahkan kepada masyarakat yang berhak mendapatkan.

“Masyarakat yang belum tercover dalam bantuan ini 183 KK, ini akan kemudian kami tindak tindaklanjuti kepada pemerintah, bagaimana kemudian mencari solusi yang menjadi sebuah tanggung jawab kami di pemerintah desa, ke pemerintah kecamatan, sampai tingkat kabupaten. Mencarikan solusi seperti apa yang akan kita lakukan di dalam hal pemberian bantuan ini,” jelasnya.

Langkah pertama yang akan ia lakukan untuk mengakomodir 183 KK yakni bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju.

“Kemudian kami juga di pemerintah desa, akan menyalurkan bantuan sembako, supaya masyarakat yang 183 KK juga bisa mendapatkan bantuan. Ini tanpa terkecuali kami berikan, baik itu pegawai negeri maupun tenaga kontrak yang terdampak covid-19,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Mamuju Habsi Wahid berharap, bantuan yang diserahkan di tengah wabah virus corona atau covid-19 ini dapat bermanfaat dan benar-benar meringankan beban masyarakat.

“Bantuan kepada masyarakat yang menerima BLT hari ini, supaya dapat dimanfaatkan dengan baik. Ini adalah suatu bentuk upaya pemerintah dalam rangka untuk membantu masyarakat yang terkena dampak virus corona,” ujar Habsi Wahid.

Sekadar diketahui, hadir dalam kegiatan itu, Bupati Mamuju H. Habsi Wahid, Wakil Bupati Mamuju H. Irwan Satyaputra Pababari, Kapolresta Mamuju Kombespol Minarto, Dandim1418 Mamuju Kolonel Inf. Suyitno, Kajari Mamuju, sejumlah pimpinan OPD, Camat Simboro dan Kades Botteng Utara.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed