by

Kakanwil Kemenag Sulbar Ikuti Video Conference Wamenag RI, Begini Arahannya

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulbar H. M. Muflih B Fattah mengikuti rapat dengan Wakil Menteri Agama RI, Zainuttauhid Sa’ad melalui Video Conference (VC), Sabtu (11/4/2020).

Rapat ini digelar bersama dengan Kakanwil Kemenag se Indonesia menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Selain Wamenag RI, juga nampak terlihat Plt. Sekjen sekaligus juru bicara kemenag RI Prof Oman Fathurrahman serta Karo Keuangan sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid 19 Kemenag RI dan Karo Perencanaan kemenag RI.

Mereka mengikuti rapat, masing-masing dilaksanakan dari rumah sesuai kebijakan pemerintah terkait bekerja dari rumah (Work From Home).

Wamenag RI, Zainuttauhid dalam arahannya mengharapkan agar para Kakanwil kemenag RI bersama pemerintah dan para tokoh agama melakukan kegiatan Istighotsah dan doa bersama secara nasional.

Kemudian, para kakanwil juga diharapkan membuat jaringan informasi berita Covid 19 secara aktual yang terjadi di daerah masing-masing.

Lalu, diminta membuat program kerja selama bekerja dari rumah dan perkembangan tugas dan fungsinya dan dapat dilaporkan ke pusat.

Dalam penggunaan masker, lanjut Zainuttauhid, diambil dari UKM Lokal bukan pabrikan sekaligus sebagai pemberdayaan tenaga kerja lokal yang ada diwilayah masing-masing.

“Dan melalui Karo perencanaan akan ada pemotongan anggaran dari Rupiah murni selanjutnya dalam upaya memutus penyebaran virus corona dan penanggulangan Covid 19 ini,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Plt. Sekjen sekaligus juru bicara kemenag RI Prof Oman Fathurrahman.

Dia berharap, seluruh Kakanwil Kemenag se Indonesia dapat memberikan data yang akurat dan update setiap saat sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 ini.

Selain itu, seluruh Kakanwil diminta agar memantau jamaah umrah yang ada di wilayahnya, yang baru saja kembali ke tanah air beberapa hari yang lalu.

Kakanwil Kemenag Sulbar, Muflih B Fattah mengatakan, pihaknya telah menindaklanjuti semua instruksi dari pusat terkait tim gugus di masing-masing wilayah.

Bahkan, kata Muflih, Kanwil Kemenag Sulbar bersama pemerintah Provinsi dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah melakukan banyak langkah dan ikhtiar dengan melakukan sosialisasi berkeliling di tengah-tengah masyarakat dengan tetap memperhatikan sosial distancing atau protokol covid-19.

Selain itu, pihaknya juga telah membuat video animasi sebagai ajakan kepada warga untuk hidup bersih, membuat banner di seluruh satker, menyapa masyarakat dengan membagi-bagikan masker, vitamin, hand sanitizer dan lainnya.

“Dan untuk memaksimalkan kerja ASN tetap Work From Home kita telah melakukan zoom meeting dengan melibatkan eselon III. Eselon III kepada eselon IV (para kamad dan para kepala KUA). Kemudian eselon IV kepada para JFT/JFU dan para pramu bakti, sehingga kerja-kerja produktif senantiasa berjalan walaupun dari rumah,” tutupnya. (Ikbal). 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed