Beredar Isu Pasar Tutup Tiga Hari, Begini Klarifikasi Kadis Perdagangan Mamuju

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju Hj. Imelda Pababari membantah informasi yang beredar terkait penutupan pasar di Mamuju selama 3. Hal itu idak benar adanya.

Imelda mengkonfirmasi hal tersebut setelah mendengar keterangan dari sejumlah pedagang di pasar regional dan pasar sentral Mamuju, Kamis (9/4/2020) melalui telepon.

“Saya sudah tugaskan Kepala Bidang yang mengurusi pasar untuk melakukan crosscheck ke pasar, ternyata memang ada pedagang yang mengira akan ada penutupan pasar,” kata Imelda.

“Setelah saya tanya dari mana sumbernya, mereka mengaku liat di TV kalau di kota-kota besar seperti jakarta ada begitu, jadi saya bilang ke mereka kalau di Mamuju tidak ada begitu, karena kita kondisinya berbeda dengan mereka. Akhirnya mereka mengerti dan tetap akan melakukan aktifitas jualan besok,” terang Imelda menambahkan.

Salah kaprah ini diduga tidak terlepas dari info berbagai postingan media sosial yang menginformasikan upaya berdiam diri di rumah selama tiga hari yang langsung diartikan sendiri oleh sebagian masyarakat bahwa hal tersebut adalah kebijakan secara Nasional untuk mencegah penularan Covid-19.

Sementara tidak terfikirkan dampak yang terjadi jika hal tersebut dilakukan oleh semua orang, termasuk para pelaku ekonomi di pasar yang justru akan membuat kepanikan dan menyebabkan pembelian barang secara berlebihan, akibat masyarakat yang merasa khawatir tidak dapat lagi membeli kebutuhan selama tiga hari kedepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *