Bazda Mamuju Salurkan Bantuan Sembako, 2,5 Persen Zakat Profesi ASN Turut jadi Penyumbang

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Mamuju menyerahkan bantuan sembako kepada asnaf fakir miskin yang memang layak menerima bantuan.

Penyerahannya dilakukan secara simbolik di halaman kantor Bazda Mamuju jl. Ks.Tubun oleh Bupati Mamuhu, H. Habsi Wahid kepada para Lurah untuk diteruskan kepada penerima bantuan di wilayah masing-masing.

Kepala Bazda Mamuju H. Arifin HP Dara mengatakan, dari bantuan tahap pertama yang disalurkan hari ini adalah akumulasi dari zakat dan sedekah sejumlah para wajib zakat dan para dermawan.

Selain itu, banyak pula bantuan dari Zakat Profesi ASN pemkab Mamuju atas kebijakan pimpinan Daerah yang mewajibkan 2,5 persen gaji ASN Pemkab Mamuju disalurkan ke Bazda sebagai penerimaan zakat profesi yang telah diatur melalui Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati.

Secara rinci Sekretaris Bazda Mamuju H. M. Muhtar mengatakan, untuk zakat profesi ASN Pemkab Mamuju yang telah terkumpul perbulan maret 2020 sebesar Rp. 150 juta. Nilai inilah yang juga menjadi akumulasi bantuan yang disalurkan sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh Bazda Mamuju dalam menyasar delapan Asnaf penerima zakat.

Bupati Mamuju H. Habsi Wahid mengatakan, dirinya telah meminta agar Bazda Mamuju mempercepat penyaluran bantuan awal kepada penerima zakat, selain untuk mengurangi beban masyarakat atas dampak sosial yang ditimbulkan penyebaran corona virus disease covid-19, juga terlebih bebarapa saat lagi ummat akan memasuki bulan suci ramadhan.

Habsi berharap, dari bantuan tersebut akan menjadi akumulasi upaya pemerintah daerah dalam menyiapkan jaring pengaman sosial kepada warga terdampak langsung virus corona.

“Selain ini kita juga telah mempersiapkan bantuan sepuluh ribu paket sembako yang akan dibagikan masing-masing rata-rata seribu paket untuk tiap kecamatan, juga kita tengah siapkan bantuan langsung tunai kepada masyarakat Mamuju yang juga nanti akan kita salurkan dalam waktu dekat ini,” papar Habsi Wahid.

Ditempat berbeda, Salah seorang penerima bantuan, Momiah, warga Kelurahan Mamunyu meski terbatah-batah mengatakan sangat berterimakasih atas adanya bantuan tersebut. Secara khusus ia menyampaikan salam kepada Bupati Mamuju atas perhatiannya kepada masyarakat kurang mampu.

“Tterimakasih pak Bupati, bersyukurki ini karena mau topa mi bulan puasa,” kata ibu paruh baya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *