Cegah Virus Corona, Pemprov Sulbar Keluarkan Himbauan

SULBARONLINE.COM, Mamuju —Menyikapi penyebaran virus Covid-19, Gubernur Sulbar melakukan rapat terbatas dengan sejumlah pimpinan OPD terkait kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap penyebaran virus corona di ruang kerjanya, Senin (16/3/2020).

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menyampaikan surat kepada para Bupati se-Sulbar untuk memperhatikan beberapa hal.

Pertama, menghimbau masyarakat untuk menunda atau bahkan tidak melakukan perjalanan keluar daerah/ke luar negeri ke negara saat ini yang sedang mengalami paparan virus corona, dan memantau warga masyarakat.

Kedua, kepada para Bupati di Sulbar yang memiliki bandar, pelabuhan, dan terminal darat agar lebih meningkatkan dan mengoptimalkan pengawasan keluar masuk orang melalui petugas yang bertanggung jawab dan melaporkan kepada Gubernur secara berjenjang.

Ketiga, mengurangi kegiatan atau aktivitas yang melibatkan masyarakat ramai di tempat-tempat terbuka, serta melakukan upaya-upaya promotif dan sosialisasi terkait dengan informasi umum dan langkah-langkah pencegahan Covid-19 di wilayah masing-masing.

Keempat, mempertimbangkan kemungkinan untuk meliburkan kegiatan belajar di sekolah mulai jenjang TK/PAUD, SD/MI, dan SMP/MTS, kecuali peserta didik kelas 6, 9, 12 berkenaan dengan pelaksanaan Ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional dapat menyesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan.

Kelima, tidak melaksanakan atau menunda aktivitas yang melibatkan masyarakat banyak, untuk mengantisipasi potensi penyebaran dan resiko penularan Covid-19.

Keenam, menyiapkan sarana, sumber daya dan personel kesehatan yang telah terlatih untuk penanganan khusus suspect dan pasien Covid-19 untuk mendatangi pusat layanan kesehatan.

Ketujuh, membuka layanan informasi dan pengaduan tentang virus Corona yang dapat diakses masyarakat luas dan melaporkan kepada Gubernur perkembangan daerah khususnya bila ditemukan kasus-kasus masyarakat yang terpapar virus corona (Covid-19) pada kesempatan pertama.

Untuk ASN, perjalanan dinas luar kota dan dan dalam daerah diberhentikan sementara waktu. Sampai kapan, kita lihat perkembangan kasus Corona. Kita pun telah membentuk gugus untuk penanganan terkait hal ini. Saya juga berharap kepada masyarakat untuk tidak mendengarkan berita hoaks yang membuat masyarakat bisa panik. Meski demikian, kita harus tetap waspada,” kata Ali Baal.

Kepada masyarakat Ia juga mengimbau untuk tidak berbelanja berlebihan demi persiapan bahan pokok yang banyak.

“Belanjalah yang secukupnya sebab akan menimbulkan masyarakat lainnya ikut panik,” kata Ali Baal.

Untuk pelaksanaan acara di Kantor Gubernur Sulbar, petugas kesehatan telah siaga melakukan pemeriksaan suhu deteksi tubuh dan penyemprotan hand sanitizer di tangan setiap orang yang akan memasuki ruang rapat. (Iqbal/Aswan). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *