by

Usman: Maksimalkan Pengawasan dan Pencegahan

SULBARONLINE.COM, Pasangkayu – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Pasangkayu melaksanakan kegiatan Peningkatan SDM dan Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pasangkayu.

Kegiatan tersebut untuk menyiapkan aparatur pengawas pemilihan pada pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasangkayu tahun 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Mutiara, Pasangkayu itu dihadiri oleh Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat, Usman Sanjaya pada Selasa, 25 Februari 2020.

Dalam pemaparannya, Usman mengatakan bahwa Panwascam selaku pengawas pemilihan di tingkat kecamatan dalam menjalankan tugas mesti berpegang teguh pada prinsip pengawas pemilu maupun pemilihan sebagaimana yang diamanahkan dalam undang-undang.

“Jadi prinsip itu yang menjadi tameng kita dalam melaksanakan fungsi pengawasan yang kita miliki demi mewujudkan pilkada yang demokratis dan berintegritas,” kata Usman.

Menurutnya, dalam pengawasan tahapan pilkada yang tengah dihadapi ini, Panwaslu Kecamatan agar memaksimalkan fungsi pengawasan dan pencegahan mengingat pada jenjang pilkada indikasi konflik kepentingan sangat tinggi jika dibandingkan dengan pemilihan umum.

“Panwaslu Kecamatan akan sering diperhadapkan dengan situasi di lapangan, jadi saya berharap soliditas, integritas, mentalitas dan profesionalitasnya dijaga sebaiknya-baiknya,” tambah Usman yang juga bertindak sebagai Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Data Informasi itu.

Dia juga mengingatkan kepada Panwaslu Kecamatan yang saat ini tengah melakukan perekrutan Panwaslu Kelurahan/Desa agar memilih orang-orang yang berintegritas yang memiliki visi untuk menegakkan keadilan pemilihan di tingkat kelurahan maupun desa.

“Dalam rekrutmen ini, kita sudah berada dalam tahapan pengumuman hasil pemeriksaan administrasi dan wawancara calon, jika jumlah kebutuhan pendaftar terpenuhi sebagaimana yang tertuang dalam petunjuk teknis rekrutmen maka masukan atau tanggapan dari masyarakat sangat penting menjadi bahan pertimbangan untuk memutuskan Panwaslu Kelurahan/Desa terpilih,” beber Usman.

Selain itu, Usman juga berharap agar dukungan sekretariat secara fungsional, administratif dan teknis operasional berjalan secara maksimal sehingga terjadi pola hubungan yang baik secara kolektif kolegial.

“Peran sekretariat dalam menunjang kinerja pengawasan di wilayah kerja kecamatan ini sangat vital, kita sudah punya perbawaslu (Peraturan Bawaslu,red) tentang tata kelola, juga perbawaslu tentang pola hubungan, regulasi ini yang perlu kita pedomani sebaik-baiknya,” pungkas Usman.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed