by

Ruang Isolasi Pasien Virus Corona Tersedia, Begini Kata Direktur RSUD Sulbar

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Regional Provinsi Sulawesi Barat, kini dilengkapi ruang isolasi untuk pasien yang terindikasi virus corona.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi jika terdapat pasien yang terpapar oleh virus yang sangat berbaya tersebut.

Direktur RSUD Regional Sulbar, dr. Indahwati Nursyamsi, mengatakan, RSUD Regional Sulbar memiliki kelebihan dari rumah sakit lainnya di Sulbar, dimana terdapat alat hepa filter di ruang isolasi baik di IGD, maupun di ruang perawatan.

“Hepa filter berfungsi mensterilkan ruangan yang terdapat virus dan bertekanan negatif. Jadi virus yang ada di ruangan akan ditarik oleh alat tersebut, kemudian dikeluarkan kembali dengan udara yang terfilter. Itu merupakan syarat ruang isolasi untuk penyakit infeksi, termasuk virus corona,” urai Indah.

Ia menambahkan, kecil kemungkinan terjadi penyebaran virus corona di Indonesia, sebab memiliki paparan udara 31-32 derajat celcius yang dapat membunuh virus corona.

“Sampai sejauh ini Indonesia belum terinfeksi dan semoga tidak terjadi. Saya rasa kecil kemungkinan untuk terkena virus corona, karena menurut pakar virus corona bisa mati dengan paparan udara 26-27 derajat celcius. Sementara paparan udara kita 31-32 derajat celsius. Meski demikian, yang terpenting adalah bagaimana masyarakat kita menjaga kebersihan diri,” jelas Indah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed