Mulai Rekrutmen, Bawaslu Butuh 300 Panwas Desa dan Kelurahan

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 di Provinsi Sulawesi Barat dilaksanakan oleh 4 kabupaten yaitu Mamuju, Majene, Mamuju Tengah dan Pasangkayu. Penyelenggara pemilihan di setiap tingkatan pun dibentuk untuk melaksanakan tahapan pemilihan yang telah ditentukan.

Beberapa waktu lalu, di tingkatan jajaran pengawas pemilihan, Panwas Kecamatan telah dibentuk yang akan bertugas melakukan pengawasan tahapan pemilihan di tingkat kecamatan.

Sebanyak 108 Panwas Kecamatan telah dilantik dan diambil sumpahnya yang tersebar di 4 kabupaten pelaksana pemilihan di provinsi Sulawesi Barat. Selain bertugas mengawasi tahapan pemilihan di wilayah kecamatan masing-masing, Panwas Kecamatan juga akan segera melakukan rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa Tahun 2020.

Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Usman Sanjaya menjelaskan rekrutmen Panwaslu Kelurahan/Desa untuk memenuhi fungsi pengawasan di wilayah kelurahan maupun desa bagi kabupaten yang menyelenggarakan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020.

“Kami bersama Bawaslu Kabupaten yang menyelenggarakan pemilihan di provinsi Sulawesi Barat telah mengikuti rakornas pembentukan panwaslu kelurahan/desa dimana pelaksana pembentukannya berada di Panwas Kecamatan,” kata Usman, Selasa 11 Februari 2020.

Usman menambahkan, kebutuhan panwaslu kelurahan/desa untuk provinsi Sulawesi Barat sebanyak 300 orang dengan rincian sebanyak 82 orang di Kabupaten Majene, 101 orang di Kabupaten Mamuju, 54 orang di Mamuju Tengah dan 63 orang di Kabupaten Pasangkayu.

“Sesuai amanah undang-undang pilkada, jumlah personil pengawas pemilihan di tingkatan kelurahan dan desa sejumlah satu orang,” ulas Usman.

Tahapan seleksi panwaslu kelurahan/desa diawali dengan pengumuman pendaftaran dan berakhir pada pelaksanaan pelantikan panwaslu kelurahan/desa terpilih yang akan dilaksanakan oleh panwas kecamatan di rentang waktu 10 februari hingga 20 maret 2020.

“Jadi kepada masyarakat yang ingin menjadi pengawas pemilihan di wilayah kelurahan maupun desanya informasi terkait syarat dan kelengkapan dokumennya bisa diakses di website bawaslu kabupaten atau bisa juga berkunjung langsung ke sekretariat panwas kecamatan di wilayah masing-masing. Kita mencari putra terbaik bangsa untuk menyukseskan pengawasan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 khususnya di provinsi sulawesi barat,” terang Usman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *